Gejala Kerusakan Pada Switch Dinamo Starter Mobil

Otomotrip.com – Tanda dan ciri-ciri kerusakan pada switch dinamo stater atau solenoid pada motor stater mobil. Tentu menjengkelkan ketika sedang terburu-buru dengan urusan penting kendaraan tiba-tiba tidak bisa hidup karena stater tidak berfungsi dan tidak bisa memutar mesin.




Penyebab Dinamo Starter Rusak

Dinamo stater tidak bisa memutar mesin atau tidak bisa menghidupkan mesin karena beberapa sebab diantaranya adalah:
1. Setrum aki mobil kurang atau aki soak, akibat aki soak saat mobil distater akan terdengar bunyi tek,tek,tek,tek dengan interval cepat.
2.Solenoid stater rusak, switch stater rusak terdapat dua macam yaitu rusak pada gulungan atau rusak pada switch nya itu sendiri.
3.Karbon brush habis
4.Gulungan didalam motor starter terbakar
Gambar dinamo starter dengan switch baru



Untuk kerusakan pada gulungan switch stater:
Pada switch stater terdapat dua gulungan yaitu pull in coil dan hold in coil, fungsi pull in coil untuk mendorong pinion gear dan fungsi hold in coil untuk menahan gear pinion ketika memutar roda gila/flywheel. Tentang bagaimana cara pengetesan dinamo starter juga sudah ditulis silakan lihat cara pengestesan dinamo starter mobil.

Kerusakan pada gulungan pull in coil membuat pinion tidak bergerak maju, atau pinion tidak bergerak maju juga  mirip jika carbon brush pada motor stater habis,karena karbon brush berfungsi untuk menghubungkan pull in coil dengan ground sehingga pull in coil bekerja mendorong pinion gear.

Kerusakan pada gulungan Hold In Coil biasanya terjadi karena terjadi short diantara gulungan yang menyebabkan kemagnetan untuk menahan pinion saat terhubung dengan flywheel berkurang,sehingga sebelum sempat memutar roda gila, gear pinion stater sudah kembali mundur.

Kerusakan Pada Saklar atau Kontak Switch Stater:
Karena dinamo stater di pakai secara terus menerus setiap kali menghidupkan mesin mobil,lama kelamaan terjadi keausan pada kontak yang terdapat pada switch stater.

Gambar keausan kontak switch dinamo starter

Keausan kontak switch dinamo starter saat di buka

Keausan pada kontak switch stater seperti terlihat gambar diatas akan membuat dinamo stater hanya terdengar bunyi “Cetek” satu kali setiap kali stater mesin.

Tips dan solusi mengatasi dinamo starter mobil yang bunyi “cetek” setiap stater mesin adalah dengan cara mengganti switch starter. Switch starter banyak ditemukan di toko spare part,tinggal bawa contoh switch stater yang rusak,agar tidak salah memilih.




error: