Cara Periksa Ketebalan Kampas Rem Cakram

Otomotrip.comCara mudah periksa atau pengcekan ketebalan kampas rem atau brake pads tanpa buka roda mobil.To the point saja, berikut adalah cara mengetahui kampas rem mobil mau habis atau cara untuk periksa atau ketebalan kampas rem cakram atau brake pad pada sistem rem mobil yang menggunakan disc atau disc brake.

Kang tolong lihatin kampas rem mobil saya, sudah waktunya di ganti atau belum,”
itulah permintaan minta tolong dari sahabat, yang perlu untuk mendapatkan jawaban agar tidak muncul kekhawatiran karena kampas rem mobil yang habis.

Cara periksa ketebalan kampas rem mobil dengan disc brake cukup mudah, tinggal di intip dari celah yang ada pada peleg dengan menggunakan lampu atau senter ponsel misalnya, jadi tidak perlu membuka roda. Saat di intip yang terlihat seperti gambar dibawah adalah ketebalan Brake pad atau kampas rem bagian luar.

Cara Melihat ketebalan Kampas Rem Cakram Mobil

Periksa ketebalan kampas rem cakram pada mobil dari celah peleg

Sedangkan brake pad bagian dalam tidak terlihat, tetapi jika brake pad bagian dalam sudah limit untuk di ganti, pada roda akan terdapat bunyi nyaring saat mobil jalan, karena plat indikator limit ketebalan brake pad bersentuhan dengan disc brake.

Ketebalan dari kampas rem

Kampas rem saat terbuka caliper

Kapan Waktunya Ganti Kampas Rem Mobil
Untuk ketebalan kampas rem mobil yang baru lebih dari 8mm atau sekitar 12 mm dan kapan saatnya melakukan penggantian kampas rem adalah bisa di ambil ketebalan antara 2,5 mm sampai 3 mm, dan lebih bagus kalau penggantian di lakukan saat service berkala.

Catatan: Mungkin terdapat sedikit kesulitan jika masih menggunakan velg standar karena lubang pada velg yang terlalu kecil,tetapi bukan berarti tidak bisa dilihat ketebalan kampas remnya. Silakan kunjungi juga Bagaimana Cara Bongkar Pasang Rem Cakram.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like...

error: