Mengatasi Suara Storing Mesin Masuk Speaker Audio Mobil

Selasa, Juni 4th 2013. | Elektronika, Kelistrikan Mobil, Otomotif

Otomotrip.com – Tips mengatasi storing audio mobil atau menghilangkan suara mesin yang masuk ke speaker Audio mobil atau terdengar suara storing atau suara nguing saat mesin di hidupkan dan terdengar melalui speaker tape atau power sangat mengganggu.

Bagaimana cara mengatasi Suara Mesin yang terdengar nguing melalui tape atau mengatasi suara mesin yang masuk speaker audio mobil saat mesin hidup?

Ini sedikit cerita dari Otomotif Qita yang sudah lampau tetapi semoga masih bermanfaat untuk Anda yang menemukan tulisan ini.

Audio mobil tv head rest atau sandaran jok
Ketika mengganti tape untuk Mitshubishi Galant tahun 1993, yang kebetulan sudah dianggap jadul karena failitas yang terbatas, hanya bisa setel radio sama kaset tape saja. Dari segi suara atau kualitas Audio tidak ada masalah.

Timbul masalah baru ketika tape atau dvd pengganti dengan fasilitas tape lebih lengkap terpasang, seperti Card reader, USB Reader serta DVD tentunya. Masalah yang timbul adalah ketika mesin di hidupkan, suara mesin terdengar ngaung dari speaker tape.

Padahal tape sebelumnya tidak terdengar bunyi storing saat mesin mobil di hidupkan. Kira kira apa penyebab nya ya?

Cara “Otomotif Qitamengatasi suara mesin yang masuk ke speaker Audio Mobil :

  1. Periksa jalur kabel listrik tape terutama B+ Stand BY umumnya kabel kuning, ACC kabel warna merah, Ground kabel warna hitam serta Body tape apakah terhubung dengan baik? Hasilnya semua kabel sudah terhubung dengan baik, karena mengikuti bekas sambungan kabel tape sebelumnya.
  2. Kemudian lepaskan kabel ground tape dari sambungan sedangkan body tape tetap terhubung dengan body atau chasis dengan sekrup atau baut, hasilnya sama saja, tetap terdengar bunyi nguing atau storing saat mesin hidup.
  3. Langkah yang ketiga adalah lepaskan hubungan body tape dengan chasis atau ground mobil, dan posisi kabel ground/negatif tape tetap terhubung dengan jalur kabel ground tape sebelumnya yang mengambil negatif dari ground cigaret lighter, hasilnya bunyi storing mesin hilang atau tidak terdengar lagi.
    Tetapi begitu body tape di sentuhkan ke chasis atau ground bodi mobil terdengar lagi bunyi storing tersebut. Masalahnya sekarang, bagaimana cara meletakan tape mobil tanpa terhubung atau tersentuh antara body tape dengan ground atau chasis. Tidak terjawab karena tidak mungkin buat dudukan baru yang tidak membuat saling bersentuhan antara body tape dengan chasis atau ground.
  4. Sambil berpikir sejenak mengingat kasus yang sama pernah terjadi ketika suara mesin mobil Mazda Vandtren juga masuk ke audio mobil. Kira-kira apa ya yang saya lakukan dulu untuk mengatasinya?
  5. Akhir nya terjawab juga Cara mengatasi suara storing mesin yang masuk Audio Mobil yaitu dengan cara menyatukan kabel ground atau negatif tape mobil dengan body tape dan bersama-sama terhubung ke chasis atau ground body mobil. Dan tidak terdengar suara mesin nguing lagi dari tape mobil ketika mesin hidup.

Mengatasi storing Audio Mobil

Jadi inti dan kesimpulan, penyebab storing pada audio mobil serta mengatasi suara storing mesin terdengar di speaker adalah:
1. Tape mobil itu sendiri karena pada tape mobil pertama sebelum di ganti tidak terjadi storing suara mesin.
2. Pemasangan ground untuk body tape dengan ground untuk kabel negatif tape harus mendapatkan satu sumber ground.

Kabel rca audio video

Kabel RCA Audio Video

Ini Untuk tambahan juga jika storing audio terjadi pada tape mobil yang sudah menggunakan power Amplifier, solusi dan tips mengatasinya adalah periksa ground kabel RCA sambungan Audio antara tape dengan power atau ganti kabel RCA tersebut karena kemungkinan putus pada groundnya.

tags: , , , ,

Related For Mengatasi Suara Storing Mesin Masuk Speaker Audio Mobil