Penyebab Kenapa Ac Mobil Mati Secara Tiba Tiba

Senin, Maret 18th 2013. | Ac Mobil

Otomotrip.com – Mengetahui apa sebab ac mobil mendadak mati dan secara tiba-tiba tidak dingin lagi.

Artikel beberapa faktor penyebab kenapa ac mobil mati secara tiba-tiba ini akan menjawab pertanyaan mengapa ac mobil mati secara tiba-tiba, yang mungkin pernah atau sedang di temui dengan ac mobil Anda ketika sedang berkendara, sehingga Anda menemukan halaman artikel ini untuk mencari apakah hal yang menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba, diantaranya adalah:

Sistem Ac Kehabisan freon : Jika kehabisan freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti berputar silakan lihat juga posting saya di penyebab ac mobil tidak dingin atau Tanda Freon ac kosong atau habis.
Gambar Sirkulasi Freon Pada Ac MobilMotor Cooling fan mati : Jika motor cooling fan elektrik mati atau motor extra fan tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.

Field Coil atau Spul Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor. Lihat Magnetic Clutch Ac Mobil atau lihat gambar spul magnet dibawah ini.
spuul magnet kompressor ac mobil rusak
Sekring untuk ac putus : sekring ac putus akan menyebabkan ac mati total dan biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar.

Kompressor ac macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Untuk hal ini silakan lihat Tanda Kerusakan kompresor ac pada mobil.

Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak atau pun as kompresor bengkok karena benturan sehabis accident. Untuk bearing puli kompresor ac kalau macet akan membuat puli tidak berputar sehingga belt akan bunyi berdecit kencang bahkan bisa putus.

V-belt Putus : v-belt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan v-belt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator atau water pump.

Relay Ac Rusak : Relay ac rusak bisa menjadi penyebab ac mati secara tiba-tiba karena relay ac ini yang memberikan suplai arus listrik ke magnetic clutch.

Resistor Blower Rusak : Pada mobil tertentu jika resistor blower rusak selain menyebabkan angin ac tidak berhembus juga menyebabkan kompresor tidak berputar, untuk hal ini baru sempat saya tulis silakan lihat Problems Ac Honda CR-V.

Demikian beberapa hal yang biasa menjadi penyebab ac mobil mati secara tiba-tiba yang saya update dengan beberapa point tambahan,tetapi perlu diketahui juga masih banyak penyebab ac mati secara tiba-tiba atau penyebab ac mati total. Salah satunya bisa lihat di Ac Mobil Avanza Tidak Bisa Hidup Karena Switch Ac Bermasalah.

Semoga membantu permasalahan pada Ac mobil Anda.

Bookmark and Share
tags: , , , ,

Related For Penyebab Kenapa Ac Mobil Mati Secara Tiba Tiba