Gambar Rangkaian Sederhana Charger Aki Mobil dan Motor

Selasa, Maret 26th 2013. | DIY Otomotif, Kelistrikan Mobil

Otomotrip.com – Secara prinsip semua power suplai atau adaptor ac ke dc bisa kita gunakan sebagai alat charger aki atau untuk setrum aki baik aki untuk mobil maupun motor, yang penting terdapat tegangan output atau tegangan yang dikeluarkan oleh power suplai tersebut berada diantara tegangan 12 volt dan 15 Volt untuk charger atau mengecas satu buah aki,terutama aki tipe basah.

Dipasaran atau toko-toko sparepart otomotif, toko alat listrik, toko komponen elektronik, kita dengan mudah bisa menemukan Alat charger Aki. Tentu saja dengan harga, bentuk serta kemampuan untuk charger aki yang beragam.

Prinsip dan Cara Kerja Alat Charger Aki
Cara kerja charger aki atau adaptor atau power suplai adalah dengan merubah arus listrik bolak-balik dari PLN sebesar 220v untuk dirubah menjadi listrik arus DC dengan tegangan yang telah ditentukan sehingga bisa di gunakan untuk charger accu. Didalam Alat Charger aki terdapat komponen utama yaitu Trafo atau transformator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik PLN serta penyearah atau rectifier atau disebut juga dioda rectifier/kiprox.

Gambar dibawah ini adalah gambar rangkaian sederhana alat untuk charger aki yang menggunakan trafo jenis CT atau trafo yang memiliki titik Tengah (Center Tap). Gambar rangkaian nya cukup sederhana hanya diperlukan beberapa komponen saja sudah bisa digunakan untuk charging atau setrum aki.

Gambar rangkaian charger aki menggunakan trafo CT

Charger aki dengan trafo CT

Fungsi trafo adalah untuk menurunkan tegangan listrik PLN 220 Volt menjadi sekitar 12-15 volt sesuai yang di butuhkan. Sedangkan Fungsi Dioda atau rectifier adalah untuk menyearahkan tegangan yang sudah diturunkan oleh trafo sehingga bisa digunakan untuk carger aki.

Pada sebuah Alat untuk charger Aki kalaupun terdapat saklar atau selektor adalah untuk memilih tegangan sesuai dengan banyaknya aki yang dicharger. Terdapat alat ukur arus atau Amperemeter untuk menunjukan besarnya arus pengisian aki, terdapat pula Volt meter yang merupakan alat untuk mengukur tegangan.

Membuat sendiri Alat Charger Aki
Untuk membuat sendiri alat charger aki dengan mudah bisa dilakukan, bisa menggunakan skema rangkaian diatas menggunakan trafo dengan CT atau seperti rangkaian charger dibawah ini yang menggunakan trafo NON CT.

Gambar rangkaian charger aki trafo non ct

Charger Aki trafo Non CT

Dalam skema rangkaian adaptor atau charger diatas menggunakan trafo Non CT serta menggunakan dioda kuprox sebagai penyearah tegangan AC yang dihasilkan oleh trafo. Dari kedua rangkaian diatas dipilih tegangan 15 bukan 12 volt untuk tegangan charger aki dengan alasan tidak akan ada arus listrik yang akan mengalir dari charger ke aki jika tegangan charger dipilih pada 12 volt. Karena syarat terjadinya arus listrik harus tedapat beda tegangan. Contoh jika charger dipilih 12volt sedangkan aki juga memiliki tegangan 12 volt, maka arus listrik tidak akan mengalir dari charger menuju ke aki.

Pada prakteknya ketika memilih tegangan 15 volt pun jika menggunakan trafo dengan kapasitas 5 sampai 10 Ampere yang bisa dibeli di toko-toko elektronika, kalau kita gnakan untuk charger aki mobil dengan kapasitas 60Ah, tegangan 15 volt itupun akan drop tetapi cukup bagus kalau untuk charger aki dengan kapasitas kecil seperti aki sepeda motor.

Alat setrum aki untuk sepeda Motor

Charger untuk aki motor

Jika memang kita tidak mau direpotkan dengan membuat rangkaian charger accu sendiri seperti diatas, untuk charger aki motor bisa membeli adaptor cukup dengan kapasitas trafo 5 Ampere.

Seperti contoh Alat charger Aki seperti gambar di samping memiliki kelebihan jika aki sudah penuh terisi secara otomatis akan menghentikan proses charger.

Sedangkan untuk charger aki mobil untuk kemampuan arus yang lebih besar cukup dengan membeli alat charger aki yang banyak di jual di toko-toko otomotif dengan kemampuan yang bervariatif, mulai dengan kemampuan untuk charging satu aki atau beberapa aki sekaligus.

Pilihan lain untuk alat charger Aki, bisa menggunakan power inverter dengan kapasitas 2000 watt yang biasanya juga sudah dilengkapi dengan alat charger aki secara otomatis. Kalau dirumah sudah terdapat power Inverter yang dilengkapi Charger aki, alat ini juga bisa digunakan untuk charger aki mobil ketika tiba-tiba aki mobil tidak bisa starter.

Cara Charger Aki Secara Seri dan Paralel

Cara merangkai alat untuk charger aki

Charger Aki secara seri dan Paralel

Tetapi jangan lupa ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika charging accu, seperti terlihat gambar di atas tentang cara memasang alat charger untuk menyetrum aki baik secara seri maupun paralel.

Dengan catatan untuk mengecas aki secara paralel dengan lebih dari satu aki,perlu ditambahkan dioda atau resistor pada masing-masing aki dengan tujuan agar aki yang muatan listrik sudah penuh tidak mengalir ke aki yang masih kosong atau mengalir ke aki yang rusak.

Disamping itu charger aki sistem paralel tidak disarankan karena arus yang mengalir dari alat charger bisa terlalu besar yang bisa merusak alat charger.

Contohnya saat kita charger 5 buah aki 45 ah secara paralel, kita anggap saja untuk start pertama saat charger pada satu buah aki mengalir arus sebesar 20 amper,maka untuk 5 aki sekaligus, alat charger akan mengeluarkan arus listrik sebesar 100 amper.

tags: , , ,

Related For Gambar Rangkaian Sederhana Charger Aki Mobil dan Motor