Cara Cek Kerja Injektor Dengan Test Lamp

Minggu, Mei 5th 2013. | Kelistrikan Mobil, Mobil Injeksi, Otomotif

Otomotrip.com – Fungsi injektor pada mobil injeksi adalah untuk mengabutkan bahan bakar pada mobil efi,jika injektor tidak bekerja atau masalah pada injektor akan menjadi penyebab mesin brebet, membuat mesin pincang atau tidak balance karena terjadi ketidak seimbangan pada tiap silinder mesin.

Jika terjadi mesin pincang atau brebet pada mobil injeksi bisa dilakukan dengan test power balance secara manual yaitu dengan mencabut kabel busi satu persatu ketika mesin hidup idling dan perhatikan pada silinder mana tidak terjadi perubahan putaran mesin saat kabel busi dilepas dari busi.

Untuk melakukan test power balance pada mesin mobil dengan melepas kabel busi pastikan tidak ada kebocoran pada kabel busi bertujuan untuk menghindari kena sengatan listrik dari kabel busi.

Ketika kabel busi ditarik contohnya pada silinder tiga dan putaran mesin tidak mengalami perubahan berarti terdapat masalah pada silinder 3 tersebut.

Dan cara kedua untuk melakukan penetesan power balance secara manual dengan melepas hubungan listrik ke injektor dengan cara melepas soket injektor atau menambahkan kabel pada injektor jika posisi soket tidak memungkinkan untuk melepas soket satu persatu.

Pengujian terhadap kerja injektor

Lepas satu persatu kabel injektor saat mesin idle

Hal yang sama juga bisa dilakukan terhadap injektor,ketika mesin tidak balance atau mrebet atau nyendat,lepas soket injektor satu persatu kemudian pasang kembali,perhatikan saat soket injektor dilepas sementara pada silinder mana tidak terjadi perubahan rpm mesin. Silinder itulah yang sedang bermasalah.
Test lamp alat untuk periksa kelistrikan mobil
Test lamp atau lampu test merupakan sarana yang bisa digunakan untuk periksa kelistrikan mobil,test lamp bekerja pada tegangan operasi 12 volt, jadi bukan test pen seperti yang biasa digunakan untuk pemeriksaan listrik PLN. Test lamp bisa dibuat sendiri atau tinggal beli,harga cukup murah antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

Cara periksa kerja injektor dengan lampu test
1.Hubungkan ujung kabel test lamp pada terminal aki positif
2.Hubungkan ujung lampu test satunya lagi dengan terminal injektor pada bagian yang langsung ke ecu atau ecm.
3.Hidupkan mesin apakah terlihat kedipan lampu test saat mesin hidup.

periksa injektor dengan test lamp

Test lamp akan berkedip saat mesin hidup


Periksa injektor mobil dengan menggunakan lampu test bertujuan untuk memastikan bahwa pengendali injektor yang berasal dari ecu atau ecm bekerja dengan baik, tetapi tidak menggambarkan kondisi injektor itu sendiri. Untuk cara mengukur injektor sudah ditulis silakan lihat atau klik  DISINI.

tags: , , , , , , ,

Related For Cara Cek Kerja Injektor Dengan Test Lamp