Tips Memperbaiki Kerusakan Ecu Mesin Genio

Spread The Love

Otomotrip.com – Tips dan cara mudah memperbaiki ecu mobil yaitu perbaikan terhadap salah satu kerusakan ECU mesin mobil honda Civic Genio, ECU atau Engine Control Unit Honda Genio,kerusakan Ecu mesin honda genio ini akan menyebabkan mesin tidak bisa hidup,tidak ada api atau tidak keluar api di busi dan injektor tidak bekerja.

Artikel ini ditulis karena Otomotif Qita beberapa kali menemui masalah Ecu yang sama dengan penyebab yang sama pula yaitu kerusakan ecu genio ini disebabkan karena elektrolit dari Capasitor elektrolit keluar oleh faktor umur mobil.

Mesin Honda Genio
Penggantian semua Elco atau capasitor elektrolit yang berjumlah delapan buah (lihat gambar di bawah) mutlak perlu dilakukan jika cairan elektrolit sudah keluar.Di bawah ini adalah gambar ECU honda Genio tempat teradinya kerusakan kalau dilihat secara fisik dan diperhatikan secara seksama kita bisa melihat jalur-jalur pada pcb terlihat korosi yang di sebabkan oleh elektrolit dari Elko atau elektrolit condensator yang keluar atau elko yang meledak.

Ganti elco rusak pada Ecu Genio

Gambar Ecu Genio Setelah DiGanti 8 Elco Yang Rusak

Jika di telusuri dengan ohmmeter kita akan menemukan jalur-jalur yang putus akibat elco yang keluar elektrolitnya dan perbaiki jalur pada pcb yang putus tersebut.

Jalur pcb ecu yang putus ada yang terlihat secara fisik, tetapi ada yang tidak terlihat dan harus menggunakan Ohmmeter dengan teliti untuk periksa jalur yang putus.

Pada ECU mesin mobil Civic Genio terdapat ada 8 elco, kedelapan elco akibat usia yang sudah lama akan membuat elko rusak, cairan elektrolit keluar merusak jalur-jalur pcb bahkan merusak kaki-kaki komponen elektronika yang terkena elektrolit ini.

Sekali lagi Tips Memperbaiki ECU mesin Honda Genio dengan terlihat kondisi fisik seperti di atas adalah:
1.Mengganti semua Elko dengan ukuran sama baik ukuran farad dan voltase nya
2.Periksa Semua jalur PCB yang terkena Cairan Elektrolit
3.Cek atau periksa kaki-kaki komponen elektronika yang terkena cairan elektrolit
4.Memperbaiki jalur pada Pcb yang putus

Keempat cara di atas kebanyakan menyelesaikan masalah ECU mesin honda genio dan merupakan solusi murah dari pada membeli ECU,semoga bermanfaat dan tidak dianjurkan untuk yang tidak memahami kelistrikan dan elektronika.


Spread The Love

You May Also Like...

Rpm Idle Tinggi Penyebab Kijang Innova 2005 Boros BBM Otomotrip.com - Rpm saat mesin Idle Tinggi membuat mobil Kijang Innova 2005 Boros pemakaian bbm atau boros konsumsi bbm. Idle speed atau rpm idle a...
Cara Mengukur Nilai Injektor Mobil Injeksi Otomotrip.com - Untuk mengetahui kondisi atau masalah kerusakan injektor mobil injeksi bisa dilihat dari nilai tahanan atau resistansi sebuah injektor...
Letak Relay Fuel Pump Limo Otomotrip.com - Artikel letak relay pompa bensin pada toyota vios limo ini untuk anda yang mencari dan ingin tahu dimana letak relay fuel pumpnya. Dan...
Air Tumpah Dari Tabung Reservoir Radiator Otomotrip.com - Mengetahui apa penyebab air tumpah dari tabung reservoir radiator atau tabung cadangan air radiator. Ketika sedang dalam perjalanan...
error: