Tips Lampu Besar Kurang Terang Sebelah

Kamis, Februari 28th 2013. | DIY Otomotif, Kelistrikan Mobil, Lampu Mobil

Otomotrip.com – Tips Lampu besar mobil yang redup sebelah, lampu besar atau headlamps redup sebelah atau kurang terang bisa ditemukan pada mobil dengan sistem kelistrikan lampu mobil tertentu.

Dan tidak semua sistem kelistrikan lampu mobil akan ditemukan lampu nyala redup pada salah satu lampu depan baik headlamp kiri atau headlamp kanan.

Beberapa Hal yang bisa di analisa dan menjadi faktor penyebab lampu besar pada kendaraan kurang terang sebelah atau redup sebelah adalah:

1. Rumah sekring headlamps longgar
Sekring headlamps longgar berakibat pada berkurang nya arus listrik yang masuk ke lampu sehingga nyala lampu kurang terang.
2. Soket Pada bohlamp Lampu Besar (biasanya bohlam H4) meleleh
3. Saklar Lampu Besar atau saklar kombinasi untuk headlamps sudah rusak

4. Sekring Headlamps putus

Lampu besar terlihat nyala redup Lampu redup sebelah sebagai akibat putus sekering lampu depan
Lampu depan mobil atau headlamps redup sebelah bisa di temukan pada kebanyakan mobil toyota yang di sebabkan oleh putus nya salah satu sekring headlamps atau putusnya sekering lampu depan.

Jika yang redup headlamp kiri, putus sekring adalah sekring untuk headlamp kiri. Jika yang redup headlamp kanan maka yang putus adalah sekering headlamp kanan. Tips kelistrikan lampu mobil untuk mengatasi headlamps redup sebelah adalah dengan mengganti sekring headlamps yang putus.

Penyebab putus sekering headlamps ini bukan berarti terdapat short atau konslet pada sistem kelistrikan lampu mobil, tetapi terlebih di sebabkan oleh usia bohlam H4 yang sudah lama atau kemungkinan sekering lampu longgar sehingga tidak terkoneksi baik hubungan sekering dengan soket sekring.Indikator high beam nyala tapi redup
Tanda lain yang bisa di lihat dari indikator dashboard kalau sekring lampu depan putus adalah saat menyalakan lampu depan bagian bawah atau lampu dekat adalah indikator lampu atas di dashboard atau indikator high beam ikut nyala, tetapi terlihat redup.

Cara Mengatasi Lampu Depan atau Headlamps Redup Sebelah

Untuk mengatasi lampu depan redup sebelah atau lampu yang satu nyala redup dan yang satu lagi nyala terang dengan cara mengganti sekering lampu mobil yang putus.

Untuk mengganti sekering lampu mobil yang putus bisa ambilkan dari sekering cadangan atau spare yang biasa terdapat di rumah sekering tersebut.

Sekering cadangan atau spare posisinya bisa dilihat pada tutup box sekring.

Analisa kenapa lampu depan redup sebelah adalah sebagai berikut:
Gambar Rangkaian Lampu Mobil H4 Pada Beberapa Mobil Toyota
Gambar skema diagram kelistrikan lampu Toyota Vios Limo

Ketika lampu dekat di nyalakan, pada headlamp kiri arus listrik akan mengalir menuju ground melewati saklar kombinasi ,(lihat panah biru).Sehingga lampu besar kiri pada lampu dekat akan menyala terang.
Sedangkan pada pada lampu jauh kiri juga mengalir arus listrik (lihat panah warna merah) terus ke titik A, kemudian arus listrik mengalir menuju filamen bohlam H4 lampu jauh sebelah kanan terus menuju filamen H4 lampu dekat kanan kemudian ke ground lewat saklar kombinasi.

Kalau di perhatikan secara seksama lampu depan redup saat lampu nyala akan terlihat kedua filamen lampu H4 baik atas atau bawah akan terlihat nyala bersamaan untuk headlamp kanan. Begitu juga dengan headlamp kiri, pada filamen lampu jauh juga menyala tetapi terlihat redup.

Bookmark and Share
tags: , , , ,

Related For Tips Lampu Besar Kurang Terang Sebelah