Penyebab dan Tips Mengatasi Persneling Mobil Keras

Spread The Love

Otomotrip.com – Mengetahui penyebab dan tips atau cara mengatasi tuas persneleng mobil keras sewaktu pindah gigi transmisi.

Persneling mobil keras saat oper gigi bisa ditemukan pada mobil transmisi manual baik berpenggerak roda belakang atau pun berpenggerak roda depan terutama mobil sedan pada umumnya tetapi juga bisa ditemukan pada MPV.

Persneleng terasa keras ketika di gerakan ini terkadang pada posisi gigi tertentu atau bisa semua perpindahan gigi persneleng.

Persneling terasa keras saat tuas transmisi bergerak untuk memindahkan gigi dan pergerakan yang terasa berat atau keras ini saat tuas transmisi bergerak maju dan mundur dari posisi gigi netral.

Sebenarnya apa sih penyebab persneling mobil keras ini? karena kalau tidak di atasi tangan kita akan terasa capek ketika memindahkan gigi.
Gambar kabel tuas transmisi mobilPenyebab Tuas Transmisi atau Tuas Persneleng Keras
Penyebab persneling mobil keras ini karena tali tuas transmisi atau cable assy transmission control terdapat kotoran, yang menghambat pergerakan kabel ketika tuas persneling di gerakkan.

Cara Mengatasi Tuas Persneling Mobil Keras atau Tips dan cara perbaikan Handel Persneling keras
Ada dua opsi untuk mengatasi tuas transmisi keras ini.
1.Mengganti Cable Assy Transmission Control

2.Memperbaiki dengan cara membersihkan kotoran yang menghambat pergerakan kabel ini

Untuk mengatasi atau memperbaiki tuas persneling keras ini, kalau memang memungkinkan tanpa melepas kabel tuas transmisi itu akan lebih baik karena akan menghemat waktu.

Tetapi jika tidak memungkinkan harus dengan cara menurunkan kabel tuas transmisi ini.
Membersihkan kerak pada kabel tongkat transmisi

Biasanya penyebab kerasnya tuas transmisi ini karena terbentuk kotoran dari grease yang mulai mengering dan terdapat pada ujung-ujung kabel tersebut.

Cara Membersihkan Kotoran Yang Menjadi Penyebab Persneling Keras
1.Pada gambar di atas tarik boot ujung kabel dan tahan menggunakan kleman.
2.Gunakan Anti Karat Mobil untuk menyemprot dan sambil kabel di tarik-tarik.
Gambar kabel tongkat persneleng keras

3.Untuk bagian kabel yang dekat dengan tuas TM tidak terdapat karet boot,jadi tinggal beri anti karat dan sambil di tarik-tarik agar anti karat masuk ke celah kabel.

Pemberian Anti karat tersebut bisa dilakukan berulang-ulang sampai tali tuas transmisi atau kabel transmisi tersebut terasa ringan saat di tarik.

Semoga bermanfaat untuk pemilik mobil dengan keluhan tuas pemindah gigi yang terasa keras sewaktu oper gigi.


Spread The Love

You May Also Like...

Cara Periksa Kebocoran Gasket Cylinder Head Mesin Otomotrip.com - Kebocoran yang terjadi pada packing silinder head sering menjadi penyebab overheating atau naik nya panas mesin berlebihan atau temper...
Manual Mesin Mobil Avanza Xenia Rush dan Terios Otomotrip.com - Download manual sistem kelistrikan mesin 3SZ-VE dan K3-VE dan manual mekanikal mesin,dimana kedua tipe mesin ini dipakai atau digunaka...
Indikator Yang Ada di Panel Speedometer Toyota Limo Otomotrip.com - Mengenal tanda atau indikator spedometer yang ada pada mobil toyota Limo, tentu buat pemilik baru toyota limo ingin tahu apa fungsi la...
Urutan Pengapian Atau FO Mesin 3,4,6,8 Silinder Otomotrip.com - Firing order atau FO disebut juga sebagai urutan pengapian atau urutan pembakaran pada mesin mobil atau kalau mesin masih menggunakan ...
error: