Merawat Aki Dan Mengatasi Aki Mobil Tekor

Selasa, Maret 5th 2013. | DIY Otomotif, Kelistrikan Mobil

Otomotrip.com – Tips merawat aki mobil serta mengatasi jika aki tekor atau nge-drop dan tujuan utama kita merawat aki mobil adalah untuk memperpanjang usia pakai aki mobil serta mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, seperti mobil mogok ketika parkir karena setrum aki habis, mobil tiba-tiba tidak bisa di stater pagi hari ketika hendak ke kantor dan lain sebagainya.

Beberapa tips sederhana berikut untuk merawat aki mobil yang bisa di lakukan sendiri terutama untuk mobil yang menggunakan aki basah:

1.Menjaga ketinggian permukaan elektrolit aki atau air pada level yang cukup, jika ketinggian permukaan air aki mendekati low,maka sudah waktunya di  tambah air aki. Penyebab berkurang nya air aki antara lain karena terjadi penguapan karena panas atau sell aki rusak.

2.Jika posisi Aki mobil berada di belakang kipas radiator bisa gunakan penutup aki agar panas dari kipas radiator tidak langsung mengarah ke aki.

3.Jaga kebersihan permukaan atau kleman aki baik di terminal positif atau negatif, jika berkerak atau terlihat kerak berwarna kehijauan pada terminal aki segera bersihkan, cara bersihkan bisa menggunakan air panas secukupnya.

4.Berkaitan dengan terminal aki berkerak yang berwarna kehijauan, kerak di terminal aki atau kleman aki disebabkan oleh terminal atau kleman aki yang longgar, maka setelah di bersihkan, kencangkan baut kleman aki secukupnya, biasanya masih bisa di kencangkan setengah putaran.

5.Mengurangi keseringan pemakaian setrum aki saat mesin mobil tidak hidup, terutama untuk peralatan dalam mobil yang mengkonsumsi arus besar, untuk mencegah seringnya aki mobil mendapat arus pengisian yang besar saat start mesin mobil. Semakin sering aki mendapatkan pengisian arus listrik besar bisa memperpendek umur aki. Arus pengisian aki yang baik adalah 1/10 dari kapasitas aki.

6.Mobil yang jarang di pakai atau mungkin seminggu sekali dipakai, ada baiknya setiap hari atau dua hari sekali memanasi mesin mobil.

7.Jika memang waktunya penggantian aki mobil, lebih baik ganti aki mobil dengan ukuran yang sama, hal ini untuk mempermudah pemasangan aki baru dengan ukuran tempat atau dudukan aki yang sesuai sehingga tidak perlu merubah dudukan atau pegangan aki.

Agar tidak salah membedakan terminal aki positif dan negatif, biasanya di badan aki tertera tanda  (+) dan (-) atau bisa di lihat secara fisik yaitu terminal aki positif leih besar ukuran nya dari pada terminal negatif

Tips dan cara mengatasi aki mobil tekor
Aki mobil tekor atau soak saat di perjalanan atau pun saat mobil parkir bisa menyusahkan kita ketika kita sedang terburu buru atau ketika pagi akan berangkat kerja atau pun mungkin aki tekor ketika kita sedang di perjalanan.

Cara untuk Mengatasi aki tekor cukup mudah, tinggal jumper aki mobil dengan aki mobil lain, untuk jumper silakan lihat gambar cara jumper aki untuk mengatasi aki tekor di bawah ini.

Petunjuk Cara Jumper Aki Mobil

Gambar Petunjuk Cara Jumper Aki Mobil

Alternatif lain untuk mengatasi aki tekor di perjalanan adalah dengan mendorong mobil, berikut cara menghidupkan mobil dengan cara mendorong nya:

1. Injak kopling mobil kemudian masukan gigi persneleng 2 atau atret

2. Dorong mobil hingga 5 sampai 10 meter jika jalan rata, jika jalan menurun jarak bisa lebih pendek.

3.Lepaskan pedal kopling sehingga mobil hidup, ini berlaku jika aki tekor tidak kurang dari sekitar 8 volt tegangan aki.

Jika tegangan aki sama sekali habis dengan tanda lampu indikator di dashboard tidak ada terlihat nyala atau nyala tetapi terlihat sangat redup, dengan cara mendorong tidak akan mampu menghidupkan mesin mobil,terutama untuk mobil mesin injeksi.

Setelah mobil hidup biarkan aki mobil terisi setrum oleh Alternator untuk beberapa saat mungkin sampai 15 atau 30 menit, sambil perhatikan lampu gambar aki di dashboard apakah nyala atau mati ketika mesin hidup. Jika saat mesin hidup lampu aki di dashboard nyala berarti harus periksa Alternator atau dinamo isi mobil.

Setelah mobil bisa hidup selama 15 atau 30 menit dan lampu aki di dashboard tidak nyala saat mesin hidup, matikan mesin dan coba starter lagi untuk menguji kemampuan aki menyimpan setrum.

Aki tekor ketika sedang dalam perjalanan bisa di akibatkan oleh salah satunya kerusakan dinamo isi atau kleman pada aki kotor sehingga pengisian aki terjadi tidak maksimal saat mesin hidup.

Tips cara lain untuk mengatasi aki mobil tekor terus adalah :

Lever Air Aki Mobil

Level Permukaan Air Aki

1. Lihat Volume air aki harus berada di antara Lower dan Upper, biasanya aki tekor juga disebabkan oleh salah satu sel atau beberapa sel yang kering atau air aki di bawah garis lower.

2. Kalau terjadi kekeringan air aki, tambahkan air aki kemudian charge accu, untuk beberapa kasus jika terjadi kekeringan air aki, charger aki dari alternator atau dinamo isi tidak cukup bagus untuk mengisi aki hal ini di sebabkan terjadi discharging jika membiarkan aki di setrum oleh dinamo isi di mobil.

Lebih baik lakukan charging terpisah atau bawa ke tempat setrum accu sampai muatan listrik aki mobil benar-benar penuh.

Setelah Accu di cas ditempat khusus setrum aki, uji kemampuan aki dengan cranking atau untuk memutar mesin selama 10 detik sebanyak 2 atau 3 kali tanpa mesin hidup. Jika saat cranking yang terakhir aki terasa tidak kuat memutar mesin, lebih baik ganti aki. Agar kita tidak di repotkan oleh aki yang soak.

3. Periksa tegangan pengisian dari Alternator saat mesin hidup, jika tegangan pengisian yang sampai diterminal aki kurang dari 13,5 volt akan beresiko dan hal itu akan menjadi penyebab aki mobil tekor terus, bisa jadi gejalanya akan terlihat setiap pagi saat starter mobil, starter terasa kurang kuat untuk memutar mesin.

tags: , , , , ,

Related For Merawat Aki Dan Mengatasi Aki Mobil Tekor