Mengatasi Oli Rembes Dari Bagian Tengah Blok Mesin

Otomotrip.com – Oli rembes dari bagian tengah mesin atau kebocoran oli mesin yang berasal dari oli seal crankshaft belakang, tips mengatasi atau cara mengatasi ataupun memperbaiki oli mesin yang terlihat merembes dari bagian tengah mesin, tepatnya pada sambungan mesin antara blok mesin dengan bak transmisi.

Oli merembes harus segera ditangani, karena kita terkadang dan tidak selalu periksa oli mesin sebelum menghidupkan mesin mobil, mungkin entah karena alasan lupa atau karena konsen untuk hal lain, karena jangan sampai mesin kehabisan oli akibat oli merembes. Silakan lihat Dampak Oli Habis dan lihat juga Cara mengatasi oli rembes ke busi mobil.
oli rembes dari mesin sedan
Apakah oli yang merembes ini akan merusak mesin? Ya akan merusak mesin kalau akibat dari rembesan oli ini membuat oli mesin habis sehingga tidak ada oli yang bersirkulasi di mesin serta akan berakibat mesin macet,bantalan bantalan poros rusak dan cacat, selain itu bisa membuat kopling slip jika terlalu banyak oli yang rembes jika sampai ke sistem kopling.

Tetapi perlu kita tahu mobil transmisi manual yang kita sebut mesin diatas kita pisahkan menjadi dua bagian yaitu mesin nya itu sendiri dan bagian transmisi.

Asal Oli rembes yang terlihat diantara kedua bagian mesin tersebut yaitu antara transmisi dan mesin disebabkan karena oli merembes berasal dari  seal kruk as bagian belakang atau seal crank shaft.

Dan untuk mengatasi atau memperbaiki oli rembes dari seal kruk as /poros mesin bagian belakang ini harus mengganti seal crankshaft tersebut agar tidak ada lagi oli yang keluar melalui seal tersebut.

Cara untuk ganti seal crankshaft belakang (baca:kruk as) yang posisinya terletak di belakang roda gila harus dengan menurunkan salah satu bagian mesin tersebut. Baik itu turun transmisi atau pun turun mesin tergantung konstruksi transmisi serta konstruksi mesin.

Ada mobil yang lebih mudah dengan turun transmisi ada juga yang lebih mudah dengan menurunkan mesin.
oli rembes dari mesin subaru 4wd

Seperti contoh gambar mesin Subaru 4WD di atas lebih mudah turun mesin dari pada turun bagian transmisi ketika mengganti seal crankshaft. Semoga bermanfaat dan juga mengetahui asal oli bocor bagian yang mana pada mesin yang mengalami kebocoran oli jika ditemukan oli yang rembes dari bagian tengah mesin.

Related Post

Mendeteksi Penyebab Oli Mobil Tidak Bisa Naik Otomotrip.com - Masalah pelumasan mobil tidak bisa kita pandang sepele, karena jika pelumasan mesin mobil tidak lancar, akan mengakibatkan masalah ser...
Mengatasi Oli Mesin Berkurang dan Menetes Dari Karter Oli Otomotrip.com - Oli mesin menetes di lantai tentu saja akan menjadi masalah jika kendaraan parkir di garasi yang berlantai keramik meskipun hanya satu...
Penyebab Transmisi Mobil Sedan Kekeringan Oli Otomotrip.com - Fungsi oli transmisi pada mobil atau kendaraan adalah untuk melumasi gigi transmisi yang ada di gear box atau bak transmisi. Oli trans...
Memahami Bagaimana Sirkulasi Oli Mesin Mobil Otomotrip.com - Artikel tentang bagaimana sirkulasi oli mesin mobil dan perlu kita tahu bahwa lampu indikator tekanan oli mesin mobil bensin pada pane...

error: Content is protected !!