Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil atau Brake Pad Depan

Minggu, April 14th 2013. | DIY Otomotif, Otomotif

Otomotrip.comCara ganti kampas rem depan mobil, cara bongkar kampas rem cakram atau cara pasang kampas rem cakram mobil. Rem cakram mobil dikenal juga sebagai disc brake atau rem piringan. Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake.

Mungkin juga ketika mobil melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap serta tidak rata yang menjadi penyebab rem bunyi. Mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi penyebab rem bunyi atau rem terasa getar sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti kampas rem cakram mobil.

Untuk membongkar kampas rem mobil diperlukan beberapa peralatan atau tool:
1.Dongkrak untuk mengangkat roda depan
2.Kunci Roda
3.Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm untuk buka baut pen caliper
4.Track untuk mendorong Piston Rem
5.Rubber Grease atau Pasta Caliper
6.SST untuk mendorong piston rem

Berikut Langkah-langkah atau Cara bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem :
1.Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya.
2.Dongkrak mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
3.Lepas semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
4.Buka roda,lepaskan dari hub roda,sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini.
Rem cakram roda depan innova
5.Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem.Membuka pen caliper rem
6.Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini
Angkat kaliper rem ke atas setelah buka baut pen caliper
7.Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering dan bisa menjadi penyebab rem bunyi. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis menggunakan pasta caliper atau rubber grease.
Membongkar rem cakram mobil
Penggunaan rubber grease untuk mencegah kerusakan pada boot atau karet pada pen caliper, akibat lebih lanjut jika boot rusak atau robek karena pemakaian grase akan membuat debu masuk ke pen caliper dan membuat pen caliper macet yang pada akhirnya membuat rem bunyi atau getar ketika melakukan pengereman.
Tempat dudukan kampas rem
Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem, kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem.Gambar brake pads atau kampas rem

8.Setelah kampas rem di buka, biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.

9. Dorong piston kaliper ke belakang, hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru, saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak rem. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di dorong ke belakan, bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak cat yang ada di bawah reservoir minyak rem.

Alat atau SST untuk mendorong piston rem tidak harus memakai trek seperti gambar dibawah.
Cara mendorong piston rem cakram
Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda,seperti gambar di bawah ini. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda, akan membuat piston mundur, kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan.

Catatan mendorong piston dengan cara dibawah jika terlalu keras dikhawatirkan akan membuat pen caliper bengkok karena itu lebih disarankan untuk menggunakan spesial services tool (SST) yang bisa di buat sendiri seperti gambar urutan no 3 diatas.
Cara memundurkan piston rem cakram depan
10. Pasang Brake pad yang baru, langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas, catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem, taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam.

Jika kampas rem tidak terdapat indikator artinya indikator ketebalan kampas rem ini tidak berupa plat yang menjadi satu di belakang kampas rem,kampas rem bisa di taruh sembarang entah bagian luar atau bagian dalam, biasanya ada indikator berupa kancingan plat yang bisa dipasang bolak balik.

11. Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper.

12. Pasang roda dan hidupkan mesin,jangan langsung jalankan mobil, kemudian tekan pedal rem beberapa kali, sampai pedal rem terasa keras, yang artinya rem sudah bekerja dengan baik. Point ini penting karena jika mobil langsung di jalankan sebelum pedal rem terasa keras, kita akan kaget karena rem akan kosong seperti blong.

Semoga bermanfaat,bagi anda yang tidak mau repot tentu saja lebih baik menyerahkan ke bengkel servis yang Anda percaya untuk mengganti kampas rem.

Bookmark and Share
tags: , , , , , ,

Related For Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil atau Brake Pad Depan