Fungsi Ball Joint dan Gejala Kerusakan Ball Joint Mobil

Selasa, Juni 4th 2013. | DIY Otomotif, Otomotif

Otomotrip.comFungsi ball joint pada sistem suspensi mobil atau pada kaki-kaki kendaraan adalah sebagai sumbu roda ketika roda belok ke kiri dan ke kanan.

Selain itu ball joint pada mobil juga berfungsi untuk memegang knuckle roda, ball joint pada mobil terdapat pada arm atau sering disebut sebagai kaki udang pada mobil baik berada pada arm atas atau arm bawah tergantung dari sistem suspensi yang digunakan.

Tanda atau ciri-ciri dan gejala kerusakan ball joint mobil adalah terdengar bunyi gludug yang keras saat roda melewati jalan kasar, karena bisa jadi besi ketemu besi pada ball joint jika teflon atau plastik yang terdapat pada ball joint sudah rusak parah.
Gambar Ball Joint Mobil Avanza Rusak

Tanda lain adalah roda depan akan kocak dan untuk melihat ball joint rusak adalah dengan mendongkrak roda kemudian menggoyangkan roda pada posisi atas bawah agak kesamping sehingga terbentuk seperti formasi huruf X (lihat gambar dibawah). Ini pun tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakan ball joint roda tersebut.

Gambar cara mendeteksi kerusakan Ball Joint Mobil Pada AvanzaCara Mendeteksi kerusakan Ball Joint Mobil contoh pada Avanza yang menggunakan sistem suspensi MacPherson strut, sistem suspensi ini kebanyakan juga digunakan pada kendaraan-kendaraan berukuran kecil seperti sedan dan lainnya:
1. Dongkrak roda depan sehingga tidak menyentuh tanah
2. Goyangkan roda pada arah no 1 dan 4 serta 2 dan 3 pada gambar di atas, ball joint rusak akan terasa kocak
3. Goyangkan roda pada posisi 5 dan 6, ini tergantung posisi tie rod berada di sebelah depan atau belakang dari poros roda.

Jika tie rod berada di depan poros roda ( no 5 adalah depan) saat di goyang kesamping pada arah 5 dan 6 jika ball joint rusak maka akan terasa kocak lebih besar pada bagian belakang (no 6, lihat gambar) dan sebaliknya jika tie rod berada di belakang as roda seperti kebanyakan mobil sedan, saat roda digoyang pada posisi 5 dan 6 maka terasa kocak yang lebih besar ada pada posisi no 5 atau depan.

Jika kerusakan terlalu parah dan bunyi gludug roda terlalu keras saat lewat jalan rusak, biasanya kocak pada roda terasa lebih keras.

Tetapi jika kerusakan tidak terlalu parah atau terdapat tanda bunyi roda yang tidak terlalu keras, biasanya pengecekan ball joint harus dengan menggunakan besi pengungkit yang diletakkan antara arm dengan ball joint (silakan lihat gambar di bawah pada titik A dan B).
Ganti Satu set Lower Arm dengan ball joint
Ball joint rusak bisa di ganti baik ball jointnya sendiri atau satu set dengan lower Arm tergantung kondisi, jika bushing pada arm juga sudah retak lebih baik ganti satu set lower Arm dengan ball joint.

Bookmark and Share
tags: , , , , , ,

Related For Fungsi Ball Joint dan Gejala Kerusakan Ball Joint Mobil