Cara Melepas dan Memasang Stir Mobil

Sabtu, Mei 4th 2013. | DIY Otomotif, Otomotif

Otomotrip.com – Informasi tentang cara mudah melepas setir mobil contoh dalam gambar adalah melepas stir mobil Avanza dan kemudian cara memasangnya kembali.

Hati-hati ketika membuka setir mobil terutama untuk kita yang mau buka stir sendiri, hanya karena kurang tahu teknik nya bisa-bisa stir mobil bisa melukai wajah.

Biasanya jika stir mobil yang tidak pernah di buka atau baru di buka untuk pertama kali akan keras sekali untuk melepas stir dari as nya, setelah baut pengencang steer terlepas tentunya.

Berikut salah satu contoh membuka steer mobil yang umum seperti steer mobil avanza, innova, timor, nissan dan lain-lain atau steer mobil yang hanya terdapat tombol klakson di steer tersebut

Cara ini untuk Anda yang ingin membuka steer sendiri dengan peralatan terbatas.

1. Buka horn pad atau tombol klakson, biasanya terdapat baut ukuran kunci 8mm atau berupa baut dengan kunci bintang di bawah horn pad untuk menghubungkan horn pad dengan ground, setelah baut terbuka, tinggal tarik atau lepas horn pad dari stang kemudi,jangan lupa lepaskan pula kabel klakson di horn pad tersebut.
Cara membuka horn pad mobil

2. Selanjutnya akan terlihat mur ukuran kunci 19 yang mengikat erat stang kemudi dengan steering column.

3. Kendorkan mur 19 tersebut dengan kunci shock 19 jangan di lepas mur nya tetapi cukup di kendorkan, ini penting agar saat menarik steer yang keras begitu terbuka tidak mengenai wajah, akibat tenaga tarikan yang kuat. Karena hal seperti ini sering kali terjadi.
Cara membuka setir Avanza

4. Setelah mur 19 di kendorkan, bisa di tarik dengan sekuat tenaga. Catatan cara membuka ini jika tidak memiliki SST khusus untuk buka strir.

Tips memasang Setir Mobil
Ketika pasang kembali stang kemudi tersebut posisi roda depan lurus agar tidak terjadi stir miring ke kiri atau miring ke kanan saat kendaraan di pakai. Karena meskipun stang kemudi pindah satu gigi pada as stir akan membuat setir tidak lurus atau miring.

Untuk mendapatkan hasil lebih baik atau stir benar benar lurus,pasang setir agak lurus tidak apa apa kemudian pasang mur pengencang setir secukupnya tidak perlu terlalu keras.

Jalankan mobil pada posisi lurus setelah itu atur kembali kelurusan posisi setir dengan melepas baut 19 yang belum kencang tadi, lepas setir dari as dan pasang kembali pada posisi yang lurus.

Kalau stir sudah benar-benar lurus kencangkan mur 19 pengunci stang stir dan pasang horn pad atau tombol klakson.

tags: , , , ,

Related For Cara Melepas dan Memasang Stir Mobil