Fungsi dan Cara Cek Kerja Alternator Mobil atau Dinamo Ampere

Spread The Love

Otomotrip.com – Fungsi Alternator pada mobil dan pengertian alternator mobil atau dinamo ampere tetapi juga ada yang menyebutnya sebagai dinamo isi karena fungsi nya untuk mengisi setrum aki adalah sebagai sumber energi listrik 12 volt untuk mensuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat kendaraan hidup atau ketika mesin hidup.

Apa itu Dinamo Isi Pada Mobil?

Alternator mobil atau dinamo ampere adalah peralatan elektromekanis dan cara kerjanya adalah dengan merubah energi mekanik atau energi gerak menjadi energi listrik arus bolak-balik.

Gambar Potongan penampang Alternator Alternator untuk mobil-mobil sekarang sudah di lengkapi dengan IC regulator (voltage regulator) yang berfungsi untuk membatasi arus listrik yang mengalir menuju gulungan rotor dan sekaligus di dalam IC regulator juga terdapat sirkuit pengontrol lampu CHG di dashboard mobil.

Didalam Alternator dilengkapi penyearah berupa dioda yang berfungsi untuk merubah tegangan bolak balik menjadi arus dc oleh rangkaian dioda pada Alternator yang di sebut sebagai dioda rectifier. Silakan lihat komponen dinamo ampere beserta fungsinya.

Berikut adalah salah satu contoh gambar diagram pengisian dinamo Amper, silakan perhatikan dengan seksama.

Gambar skema rangkaian Dinamo AmpereGenerator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian Alternator yang berlaku secara umum adalah generator listrik pada mesin mobil untuk mensuplai kebutuhan listrik kendaraan.

Berikut adalah tiga cara mengecek kerja Dinamo Ampere atau periksa kondisi Alternator/Dinamo Amper dengan mudah atau cara periksa sistem pengisian aki dari alternator apakah normal atau tidak.

1.Untuk memperoleh hasil pengukuran maksimal dan akurat kita bisa gunakan multimeter digital atau tang ampere. Dengan alat ini, performa aktual alternator bisa terdeteksi. Baik besarnya hambatan antara kabel dari Alternator ke Aki, serta tegangan yang dihasilkan oleh Alternator Mobil.

2.Dengan melihat indikator di dashboard yang berlambang aki. Ketika indikator aki itu menyala saat mesin hidup, berarti alternatornya kurang optimal dalam melakukan pengisian aki. Tetapi belum tentu juga karena sirkuit untuk lampu chg (lampu aki) dengan sirkuit terminal F Alternator terpisah.

3.Hidupkan mobil atau sekedar kunci kontak posisi ON kemudian kita ambil besi yang agak panjang kemudian besi tersebut tempelkan ke dinamo amper atau alternator, kalau ada semacam tarikan magnet dari dinamo ampere dan cukup kuat maka dinamo amper atau alternator mobil kita dalam keadaan bagus.

Gambar cek tarikan magnet Alternator Hati – hati cara periksa kondisi atau kerja alternator dengan menaruh besi di dekat Alternator, jangan menaruh besi ketika dinamo amper berputar karena berbahaya, lakukan hanya saat kunci kontak posisi ON tanpa mesin hidup.

Semoga bermanfaat ulasan saya tentang cara cek dinamo ampere atau cara test Alternator mobil diatas.


Spread The Love

You May Also Like...

Cara Ukur Arus Dinamo Isi Menggunakan Tang Amper Otomotrip.com - Cara menggunakan Tang Amper untuk megukur arus Alternator mobil atau Cara mengukur arus listrik dinamo isi menggunakan tang Amper.  Pe...
Cara Kerja Dinamo Starter Atau Motor Stater Pada Mobil Otomotrip.com - Cara kerja dinamo starter mobil, dinamo stater atau motor starter pada mobil adalah merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang...
Cara Periksa Drop Tegangan Pengisian Aki Mobil Otomotrip.com  - Aki mobil drop voltase atau soak bisa di sebabkan oleh beberapa faktor yang di antaranya adalah kita kurang perhatian terhadap level ...
Mesin Bunyi Nguing Tanda Kerusakan Dioda Rectifier Alternator Otomotrip.com - Mesin mobil bunyi nging atau suara seperti nguing saat mesin hidup jika mesin digas bunyi nguing akan semakin keras adalah tanda dari ...
error: