Urutan Pedal dan Tuas Transmisi Mobil Matic

Jumat, April 5th 2013. | Otomotif

Otomotrip.com – Mengetahui urutan pedal dan tuas persneleng pada mobil matic, cara nyetir mobil matic atau mengendarai mobil matic dengan transmisi Otomatis berbeda dengan mobil transmisi manual, mobil transmisi otomatis atau mobil matic memiliki jumlah pedal yang sama dengan mobil transmisi manual untuk beberapa tipe.

Hanya saja pada mobil dengan transmisi otomatis pedal kopling yang pada transmisi manual berada di kaki sebelah kiri, berubah fungsi menjadi pedal rem atau rem parkir atau handrem kalau dimobil dengan T/M Manual.

Urutan pedal pada beberapa tipe mobil matic yaitu Pedal Gas paling kanan, Tengah Pedal Rem dan paling kiri di bawah kaki kiri adalah Pedal Rem dengan pengunci sebagai pengganti handrem.

Tuas Persneleng Mobil Matic

Jadi ketika kita mengendarai mobil matic dengan tiga pedal harus mulai membiasakan kaki kiri bebas tugas dari kebiasaan menekan pedal kopling seperti saat memakai mobil manual transmisi. Karena pada mobil matic dengan tiga pedal jika kita injak pedal sebelah kiri atau pedal di kaki kiri artinya kita sedang menginjak pedal rem atau rem parkir atau kita kenal sebagai handrem jika pada mobil manual.

Sedangkan untuk mobil matic dengan dua pedal, masing-masing pedal berfungsi untuk akselerasi dan pedal rem, untuk handrem ditempatkan secara terpisah agar tetap bisa menggunakan rem parkir dengan tarikan tangan.

Berikut adalah urutan tuas transmisi pada mobil matic yang bermanfaat buat yang mau belajar cara mengemudi mobil matic :

Gambar tuas persneleng pemindah gigi mobil matic Toyota FortunerTombol Shift Lock mempunyai fungsi sebagai sistem pengunci transmisi pada posisi tuas tertentu agar tuas TM tidak bisa digerakkan. Shift lock biasanya ada pada beberapa mobil matic terbaru seperti Alphard .

Huruf P (Park), posisi ini berarti secara mekanis, transmisi mengunci roda sehingga mobil tidak dapat maju maupun mundur. Agar transmisi awet, anda dianjurkan menggunakan posisi P apabila mobil berhenti lama atau kondisi mobil sedang di parkir.

Huruf R (Reverse), posisi ini berarti mobil bergerak mundur. Lakukan injak rem sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi R (model gate). Cara Nyetir Mundur Mobil Matic, Mobil matik prinsipnya akan selalu berjalan maka lakukan pelepasan rem secara perlahan-lahan agar mobil tidak mundur dengan cepat.

Huruf N (Neutral), posisi ini berarti mobil dalam keadaan bebas. Kondisi roda mobil secara mekanis tidak terkunci oleh sistem transmisi, begitu juga pada putaran mesin. Mobil dapat didorong secara bebas. Pastikan posisi transmisi pada tuas N agar mobil dapat distarter (sama seperti posisi tuas di P).

Huruf D-3 (Gigi 3) atau D (Drive) , posisi ini mobil bergerak maju dan merupakan posisi top gear. Gigi D atau Drive adalah pengemudian pada umumnya dan transmisi diatur seara otomatis agar mesin berada dalam kecepatan terbaik untuk mengemudi dalam segala kondisi. Tanda ini juga sebagai petunjuk bahwa mobil jenis matik dengan 4 percepatan.

Huruf 2 (Gigi 2), Posisi ini biasa juga disebut second gear. Bila mobil berada pada tanjakan yang agak curam maka dianjurkan transmisi digeser ke tuas 2, begitu juga mobil dalam posisi jalan yang turunannya agak curam disebabkan tuas gigi 2 mempunyai engine break.

Huruf L (Gigi 1), Posisi ini merupakan posisi transmisi yang paling rendah (low). Biasanya posisi ini digunakan jika mobil sedang menarik kendaraan di jalur berat, tanjakan yang sangat curam atau turunan yang sangat curam.

Pada saat bawa mobil matic seperti Honda Jazz, kita akan menemukan huruf yang berbeda pada tuas persneleng matic, yaitu P R N D S dan L, dan berikut adalah arti huruf P, R, N, D, S, dan L pada Matic Honda Jazz.Huruf P R N D S L pada Honda Jazz Matic
Arti Huruf P N R D S L pada Mobil Matic Honda Jazz

Park (P) ; Roda depan terkunci, park pawl terhubung dengan park gear pada driven pulley shaft. clutch dan forward clutch dilepas.

Reverse ( R); Mundur, reverse brake (rem mundur) aktif.

Neutral (N); Netral, start clutch dan forward clutch dilepas

Drive (D);  Pengemudian pada umumnya, transmisi diatur seara otomatis agar mesin berada dalam kecepatan terbaik untuk mengemudi dalam segala kondisi.

Second (s); Digunakan untuk akselerasi yang cepat, transmisi memilih rasio yang lebih luas agar akselerasi menjadi lebih baik.

Low (L); Digunakan untuk pengereman mesin dan tenaga saat menanjak, transmisi berpindah ke jangkauan rasio yang paling rendah.

Catatan: Untuk menghidupkan kendaraan(mobil matic) hanya bisa dilakukan pada posisi P dan N.

Hal yang baik jika kita selalu memperhatikan teknik mengemudi yang aman saat memakai mobil matik baik sedang berada di tanjakan, di tempat parkir, di jalan macet atau sedang berhenti di lampu merah, hal ini bertujuan agar terhindar dari resiko kecelakaan.

Semoga bermanfaat untuk yang memerlukan informasi urutan tuas transmisi mobil matic buat yang sedang belajar cara mengemudi mobil matic atau belajar cara bawa mobil matic.

Bookmark and Share
tags: , , , , , ,

Related For Urutan Pedal dan Tuas Transmisi Mobil Matic