Saklar Ac Mobil Avanza Tidak Berfungsi

Minggu, April 28th 2013. | Ac Mobil

Otomotrip.com – Saklar ac mobil Avanza tidak berfungsi atau rusak dan ac mobil tepatnya adalah kompresor ac tidak akan hidup kalau saklar ac yang sekaligus berfungsi untuk pengaturan suhu ini rusak.

Tidak hanya terjadi pada Avanza pada kendaraan lain juga akan mengalami hal yang sama karena faktor umur, jika saklar ac menggunakan switch ac yang menggunakan variable resistor.

Kerusakan terjadi akibat tahanan geser atau jalur karbon pada resistor variable yang putus,sehingga terjadi rangkaian terbuka antara switch ac, ecu dan thermistor cooler,sama halnya seperti saat ac sedang off.

Cara Periksa Switch Ac Avanza atau pengatur suhu ac Avanza
1.Buka dashboard tengah dengan cara menekan kancingan yang ada dibalik laci kecil
2.Tarik dashboard karena hanya menggunakan nok-nokan.
3.Setelah dashboard tengah terbuka akan terlihat variable resistor yang berfungsi untuk mengatur suhu ac.
Saklar Ac atau switch ac Avanza

Untuk mengetahui saklar atau variable resistor yang sekaligus berfungsi sebagai saklar ac tersebut memang rusak adalah dengan cara:

1.Hidupkan mesin dan nyalakan blower dan putar pengatur suhu pada posisi setengah atau penuh,kondisi normal seharusnya ac atau kompresor akan hidup,dengan catatan freon tidak habis dan magnetic clutch tidak putus.
2.Coba jumper langsung kabel 1 dan kabel 2 pada potensio atau VR atau variable resistor (lihat kabelnya ada di gambar di atas), jika dijumper ac bisa hidup (kompresor bekerja) berarti memang potensio atau VR nya yang rusak.

Langkah yang lain adalah dengan melakukan pengukuran terhadap nilai variable resistor pada saklar ac tersebut menggunakan ohm meter.

Lepaskan soket kemudian atur posisi pada temperatur maksimal dan ukur nilai tahanannya seperti gambar dibawah, kalau variabel resistor tersebut bagus pengukuran akan menunjukan nilai kira-kira 11,6 ohm seperti terlihat pada gambar di bawah.Cara mengukur saklar ac yang berupa variable resistor
Jika Variabel resistor rusak atau putus saat dilakukan pengukuran pada posisi temperatur maksimal,alat ukur ohm meter atau avometer digital tidak akan menunjukan angka atau jika memakai AVO meter jarum,maka jarum tidak akan bergerak. Nilai tahanan pada variable resistor atau pengatur suhu ac Avanza maksimal sekitar 2000 ohm atau 2 kiloohm.

Terus kalau memang potensio atau saklar ac tersebut rusak solusinya bagaimana? Kalau kita jeli membaca tulisan diatas pasti sudah tahu cara nya yaitu dengan cara menjumper kedua kabel untuk sementara waktu sebelum mengganti saklar yang baru.

Ini bermanfaat kalau spare part nya lagi kosong atau mungkin tempat tinggal kita jauh dari dealer agar tetap bisa menggunakan ac. Untuk harga saklar ac Avanza berkisar antara Rp.300 ribu an tergantung juga dimana tempat kita belinya.

Catatan:Tetapi perlu diingat dengan menjumper langsung pada kabel atau mengganti dengan resistor senilai minimal 10 ohm, akan membuat temperatur ac tidak bisa di atur karena resistor yang dipakai jumper memiliki nilai tetap.

Semoga bermanfaat.

Bookmark and Share
tags: , , , , , , ,

Related For Saklar Ac Mobil Avanza Tidak Berfungsi