Mesin Cepat Panas Saat Ac Mobil Hidup Jika Extra Fan Mati

Senin, Mei 13th 2013. | Ac Mobil, Kelistrikan Mobil, Otomotif

Otomotrip.com – Penyebab mesin mobil cepat panas saat ac hidup adalah karena extra fan yang berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas kondensor ac sedang dalam kondisi tidak hidup atau mati.

Pengaruh lain atau akibat yang ditimbulkan jika extra fan ac mati atau tidak berputar selain mesin cepat panas adalah ac mobil menjadi kurang dingin.

Extra fan ac mobil juga ada yang menyebutnya sebagai extra fan radiator karena melihat letak dan posisi yang menempel pada radiator dan penyebab extra fan ac mati juga beragam,mulai dari habis karbon brush atau komutator pada motor extra fan atau kerusakan pada relay extra fan,hingga ke jalur perkabelan.

Biasanya kejadian mesin panas saat ac hidup paling sering ditemui pada ac mobil yang condensor ac nya bersebelahan dengan radiator,seperti contoh pada opel blazer jika salah satu kipas radiator mati,ketika ac dihidupkan dan mobil jalan beberapa kilometer temperatur mesin akan naik.

Extra fan kondensor dan radiator pada Chevrolet Zafira
Lain lagi jika kondensor ac tidak berdekatan dengan radiator seperti contoh KIA Travello,jika extra fan mati hanya akan menyebabkan ac tidak dingin saja,tidak sampai menyebabkan mesin panas atau temperatur tinggi naik.

Sistem Kerja Ekstra Fan Ac Mobil
Sistem kerja motor extra fan pada ac mobil biasanya bersamaan dengan hidup ac mobil,ketika ac ON kipas extra fan juga akan berputar untuk mendinginkan kondensor atau berdasarkan temperatur air radiator.

Untuk extra fan yang bekerja berdasar temperatur air radiator, terdapat sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator seperti contohnya adalah pada toyota Crown tahun 2001 yang masih menggunakan visco fan radiator dengan tujuan ketika ac mobil dihidupkan tetapi kendaraan dalam posisi diam,extra fan akan bekerja membantu visco fan radiator yang berputar di rpm rendah.

Untuk mengetahui apakah kendaraan menggunakan motor extra fan atau tidak adalah dengan melihat kipas yang terdapat di sekitar radiator. Kalau hanya terdapat satu kipas atau satu fan artinya kendaraan tidak menggunakan kipas yang di sebut extra fan. Tetapi satu kipas radiator tersebut juga sekaligus berfungsi untuk extra fan dan fan radiator seperti contoh pada mesin Avanza dan Xenia.

Extra fan ac mobil berdasarkan posisi penempatan extra fan.
Sesuai dengan fungsinya untuk membantu pendinginan kondensor ac mobil, terdapat beberapa penempatan posisi extra fan sesuai dengan kebutuhan pendinginan atau membuang panas kondensor.

  1. Extra fan berada di depan kondensor ac mobil dan meniupkan angin dingin ke arah kondensor dari arah depan contoh mobil extra fan mobil Timor.
  2. Posisi Ektra fan berada di belakang kondensor dan radiator secara berdampingan untuk bersama-sama membuang panas kondensor dan radiator,contoh nya adalah opel blazer,nissan sunny.
  3. Untuk ac mobil yang menggunakan lebih dari satu kondensor maka extra fan berada di masing-masing kondensor, dimana penempatan kondensor jauh dari radiator,dan bisa dilihat pada mobil Travello.
  4. Motor cooling fan yang sekaligus berfungsi sebagai extra fan,merupakan satu motor cooling fan dengan dua speed, pada low speed bekerja saat ac hidup dan pada high speed saat temperatur kerja mesin dan saat high pressure switch ac bekerja,untuk yang ini contohnya adalah limo,new limo,vios,new vios.
  5. Motor cooling fan sekaligus mengambil alih fungsi sebagai extra fan tanpa perbedaan kecepatan baik saat ac mobil hidup atau saat temperatur kerja mesin tercapai. Contoh kerja extra fan seperti ini bisa di temukan di mobil Avanza.

Semoga bermanfaat.

Bookmark and Share
tags: , , , , ,

Related For Mesin Cepat Panas Saat Ac Mobil Hidup Jika Extra Fan Mati