Tips dan Cara Mengatasi Ac Kijang Innova Kurang Dingin

Jumat, April 12th 2013. | Ac Mobil

Otomotrip.com – Ac mobil kurang dingin saat siang hari dan tips atau cara untuk mengatasi ac mobil kijang innova kurang dingin terutama saat siang hari dan seorang bule mengeluh dengan kendaraan operasional hotel yang dipakai, ac mobilnya kurang dingin terutama saat dipakai pada siang hari.

Seandainya sang driver lebih peka dengan keadaan ac mobil yang biasa dipakainya tentu saja keluhan ini tidak akan terjadi, karena lebih dini bisa dideteksi dan diperbaiki.

Toyota kijang innova kurang dingin diatas adalah salah satu contoh saja.

Pertanyaannya adalah apa penyebab ac innova ini kurang dingin ini? Ac mobil kurang dingin berikut adalah beberapa sebabnya:
1.Freon berkurang dan memang secara umum freon kurang “bukan freon habis” menjadi penyebab utama ac kurang dingin.
2.Freon cukup tetapi sistem ac kelebihan tekanan yang disebabkan karena pendinginan kondensor ac kurang karena debu yang ada dipermukaan kondensor.
3.Jika jumlah freon cukup dan tidak terjadi kelebihan tekanan,kemungkinan penyebab ac innova kurang dingin adalah evaporator tersumbat oleh kotoran,sehingga air flow atau hembusan angin blower terasa lemah yang terasa dari grill ac.

Uraian dibawah membahas tips atasi ac innova kurang dingin karena problem pada cooling unit atau sekitar evaporator.
1.Tips pertama adalah memasang filter ac atau filter kabin pada rumah blower
Pemasangan filter evap pada innova contohnya untuk innova tahun 2005 yang belum dilengkapi filter kabin.
Rumah blower dan evap Innova tahun 2005
Potong plastik penutup tempat filter kabin menggunakan pisau cutter seperti gambar diatas. Siapkan filter ac untuk kijang Innova, biasa banyak dijual di tempat servis ac mobil dengan harga filter ac atau filter evap bervariasi ada yang cuma 60 ribu hingga 150 ribu.
Cara pasang filter ac innova 2005
Gambar cara pasang filter evaporator atau filter ac kijang innova 2005 di atas di buat saat bersihkan evaporator ac dengan membuka dashboard.

Filter Evaporator Innova

Gambar Filter Ac Lima Tahun Tidak Pernah Dibersihkan atau diganti

2.Tips kedua adalah periksa kondisi filter kabin innova.
Filter kabin biasa juga di sebut filter evap atau filter ac dan berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang di hisap oleh blower ac untuk sirkulasi udara ac (air conditioner) di dalam kabin.

Cara buka laci dashboard kiri Innova

Cara Membuka Laci Dashboard

Filter evap atau filter ac mobil biasa terletak di saluran udara masuk sebelum blower, karena berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dalam jangka waktu tertentu filter evap akan kotor dan penuh dengan debu, sehingga menghalangi aliran udara yang di hisap blower dan bisa di rasakan dengan hembusan angin yang keluar dari grill ac kecepatan berkurang dan menyebabkan ac kurang dingin, hal yang sama seperti jika evaporator kotor.

Gambar diatas cara untuk membuka laci dashboard sebelah kiri, setelah terbuka akan terlihat rumah evaporator seperti gambar di bawah.

Gambar tutup filter kabin innova

Gambar Tutup Filter Ac

Tanda panah gambar di atas untuk membuka tutup filter evap, tekan mengikuti arah panah untuk melepas tutup, setelah terbuka filter evap bisa di ambil untuk di ganti atau di bersihkan dengan angin kompressor atau alat vacuum.

Pasang Filter Evaporator setelah dibersihkan

Pasang Filter Ac setelah diganti atau dibersihkan

3.Tips Ketiga adalah jika dengan pembersihan filter kabin ternyata hembusan angin ac tetap kurang kencang, kita bisa bawa mobil ke bengkel ac untuk membersihkan evaporator,dengan perkiraan biaya untuk bersihkan evaporator sekitar 700 ribuan.

Semoga bermanfaat.

tags: , , , , ,

Related For Tips dan Cara Mengatasi Ac Kijang Innova Kurang Dingin