Power Window Susah Naik Turun atau Seret dan Macet

Minggu, Mei 12th 2013. | Kelistrikan Mobil, Otomotif

Otomotrip.com – Tips untuk power window yang susah untuk naik dan turun atau seret dan macet. Power window susah naik dan turun atau seret dan macet banyak hal menjadi penyebabnya mulai dari sisi mekanikal hingga dari segi kelistrikan.

Power window seret sudah umum terjadi pada mobil mobil yang lama terutama selain karena list kaca yang seret juga bisa di sebabkan oleh hubungan perkabelan yang tidak bagus terutama pada soket soket sambungan kabel.

Apalagi untuk pemasangan baru power window untuk kendaraan yang belum ada power windownya, harus diperhatikan dengan teliti sebelum membeli produk power window yang ditawarkan, periksa ukuran kabel dan kualitas soket dan saklar yang digunakan, agar tidak menyesal ketika baru dipakai satu bulan sudah terasa seret dan kaca pintu susah naiknya.Gambar saklar power window

Berikut beberapa hal yang menjadi Penyebab Power Window Macet atau seret
– Karet list kaca yang mengeras
-,Kawat seling yang rusak
– Kontak Saklar Power window kotor
– Motor Power window yang sudah lemah
– Drop voltage pada motor listrik power window.

Artikel ini sedikit membahas drop voltage pada motor power window yang mengakibatkan power window tidak bisa bergerak naik turun ketika kunci kontak On sebagai akibat terjadi drop voltage pada motor power window. Tetapi power window bisa naik turun saat mesin hidup yang umumnya terjadi pada mobil-mobil yang sudah lama.

Cara Periksa Kelistrikan Power Window

1. Periksa tegangan di terminal atau soket menuju power window
Saat kaca jendela naik atau turun tegangan drop pada motor power window sampai pada angka 6 atau 8 volt seringkali menjadi penyebab macet power window,tetapi saat mesin hidup power window bisa bergerak naik turun karena tegangan lebih tinggi.

2. Periksa tegangan pada saklar power window 
Apakah drop tegangan berasal dari saklar power window, kalau memang ya bisa lakukan perbaikan atau pembersihan kontak saklar atau alternatif yang lain ganti saklar power window.

3. Periksa Drop Voltage pada sekring Power Window
Jika terjadi drop voltage atau drop tegangan yang terukur pada sekring power window, periksa kondisi soket sekring dari kotoran kerak dan longgar jika di temukan hal tersebut bersihkan dan perbaiki soket sekring.

4. Periksa Drop tegangan pada Kunci Kontak / Soket Yang Dekat Kunci Kontak
Periksa kondisi kunci kontak dari drop tegangan saat kunci kontak ON, bandingkan tegangan stand-by dari aki dengan tegangan pada terminal IG atau ACC saat kunci kontak posisi ON. Jika perbedaan tegangan lebih dari 0,5 volt saat kunci kontak ON besar kemungkinan saat mendapatkan beban power window atau beban lain, turunnya tegangan bisa lebih besar. Hal ini bisa dilakukan pembersihan kontak saklar pada kunci kontak atau mengganti terminal kabel pada kunci kontak.

Jadi inti dari permasalahan adalah karena usia, kontak-kontak kabel atau soket tidak terhubung dengan baik sehingga terjadi voltage drop pada sambungan-sambungan tersebut.

Memasang Relay Pada Power Window

Pemasangan relay pada sistem power window mobil-mobil lama baik juga untuk dilakukan. Ada beberapa manfaatnya antara lain:

1. Saklar power window lebih awet karena kontak saklar tidak dilewati arus besar yang langsung ke motor power window,tetapi diambil alih oleh relay.

2. Pengambilan suplai listrik untuk motor power window yang berasal dari jalur listrik utama dengan kabel baru sehingga tenaga motor power window seperti baru, kaca jendela lebih cepat naik dan turun.

Relay yang diperlukan untuk Power Window
Berapa relay yang dibutuhkan untuk di pasang pada power window? Relay yang diperlukan untuk satu pintu adalah 2 buah dengan menggunakan relay dengan tipe NO/NC atau relay 5 kaki dengan NO dan NC terminal.

Pemasangan relay untuk power window mungkin tidak bisa anda lakukan sendiri, tetapi bisa di bawa ke bengkel yang memahami kelistrikan dan cara kerja motor power window.

Artikel di atas memang cocok untuk mekanik, untuk pemilik mobil setidaknya juga akan mengetahui apa penyebab sehingga power window susah naik dan turun atau mengetahui penyebab kenapa hanya ketika mesin hidup power window mau naik turun.

tags: , , , ,

Related For Power Window Susah Naik Turun atau Seret dan Macet