Tanda-Tanda atau Gejala Kerusakan Busi Pada Mesin Mobil

Otomotrip.com –  Mengetahui ciri-ciri kerusakan busi mobil atau tanda-tanda serta gejala kerusakan pada busi mobil atau busi mati.




Kerusakan busi mobil atau busi mati pada mobil bisa di deteksi dengan gejala yang ditimbulkan sewaktu mesin mobil hidup atau pun sewaktu mobil sedang jalan atau pun ketika kendaraan sedang membawa beban berat dan menyalip kendaraan lain.



Karena akibat kerusakan pada busi mesin mobil ini akan membuat pembakaran diruang mesin menjadi tidak sempurna. Dan beberapa hal yang menjadi penyebab masalah yang ada pada busi diantaranya adalah kualitas bbm, campuran bahan bakar yang terlalu gemuk, dan kualitas busi itu sendiri.

Gejala kerusakan pada Busi Mobil BensinBusi mesin rusak membuat mesin kehilangan tenaga pada kondisi tertentu, selain itu membuat mesin tidak balance akibat tenaga yang tidak sama pada tiap silinder mesin dan yang paling ekstrem akibat kerusakan busi juga akan membuat mesin mati dan sulit hidup.

Gejala Kerusakan Busi Mobil
Gejala kerusakan busi pada mesin mobil ini bisa di identifikasi sesuai kondisi tertentu diantaranya:
1. Kerusakan busi mobil saat Mesin Idle
Busi mobil yang rusak menyebabkan mesin tidak halus ketika sedang stationer atau idle, yang sesekali akan terasa deg, deg, deg dari putaran mesin yang halus saat dirasakan dari dalam kabin.

Busi rusak selain membuat mesin akan terasa mrebet pada waktu idle, juga bisa dirasakan saat mesin di gas. Tidak ada salahnya silakan kunjungi Cara Merawat Busi Kendaraan dan cara periksa busi mati dengan avo digital.

2. Tanda kerusakan busi Saat Mobil Jalan
Saat kendaraan akselerasi diperlukan tenaga maksimal, jika busi rusak akan menyebabkan akselerasi mesin tersendat dan kalau pun tidak terasa tersendat mesin terasa kekurangan tenaga. Untuk hal ini sudah di bahas terpisah silakan lihat Mesin Mobil Terasa Melempem dan Kurang Tenaga.

Semoga membantu.




error: