Indikator Yang Ada di Panel Speedometer Toyota Limo

Senin, Mei 20th 2013. | Otomotif

Otomotrip.com – Mengenal tanda atau indikator spedometer yang ada pada mobil toyota Limo, tentu buat pemilik baru toyota limo ingin tahu apa fungsi lampu-lampu indikator yang ada di speedometer toyota limo, toyota limo adalah mobil ex taxi dan tulisan ini pas jika Anda tidak mendapatkan owner manualnya.

Panel Lampu indikator speedometer toyota Vios limo Lama menggunakan sistem analog dan digital, analog pada jarum penunjuk rpm mesin dan speed sedangkan digital untuk indikator bensin, odometer dan trip meter.

Berikut adalah gambar speedometer toyota limo dan fungsi indikator tersebut.
Panel instrumen indikator speedometer mobil toyota limo
Indikator Temperatur Mesin
Indikator temperatur mesin berfungsi untuk membaca suhu kerja mesin, pada saat kunci kontak ON indikator temperatur merah akan nyala sebentar kemudian mati dan berganti indikator suhu warna biru yang ada di bawahnya jika mesin masih dingin.
Jika terjadi overheating atau temperatur mesin naik entah karena bocor air radiator atau pun kipas radiator mati atau belt water pump putus, lampu merah akan nyala kedip-kedip.

Indikator Gambar  Oli
Berfungsi untuk membaca tekanan oli mesin yang bersirkulasi di dalam mesin 1NZ-FE.

Indikator Gambar Aki 
Indikator gambar accu atau indikator baterai berfungsi untuk membaca sistem charging atau pengisian aki, indikator aki akan nyala jika ada yang tidak normal pada sistem pengisian accu mobil.

Indikator Lampu Cek Engine Warna Kuning
Lampu Indikator cek engine pada Vios atau Limo jika nyala saat mesin hidup menandakan ada yang tidak berfungsi normal pada sistem kerja mesin, baik itu sensor-sensor mesin atau pun aktuator.

Beberapa penyebab lampu engine hidup pada mobil vios limo atau yaris adalah Oxygen sensor rusak, ISC bermasalah, rangkaian terbuka pada camshaft sensor (kabel putus), Rangkaian terbuka pada OCV (kabel putus),Kabel VSV putus, Soket koil terlepas, soket Engine coolant temperatur terlepas, malfungsi pada etcs-i dan lain-lain.

Untuk tambahan berdasarkan pengalaman, yang trend menjadi penyebab Lampu Indikator mesin menyala pada Vios atau Limo adalah Oxygen sensor nomor 2 (belakang) yang berada di knalpot, tetapi hal ini tidak terbatas pada Vios atau Limo saja, kebanyakan mobil Injeksi yang menggunakan O2 sensor, O2 sensor cenderung lebih cepat bermasalah dari pada komponen lain, hal ini wajar karena letak Oxygen sensor itu sendiri yang berada di tempat yang bersuhu tinggi.

Keempat indikator yang disebutkan diatas seharusnya ketika mesin hidup harus mati.

Sedangkan pada bagian instrument digital terdapat beberapa fungsi yaitu:
1. Indikator BBM
2. Odometer untuk melihat jumlah total kilometer tempuh perjalanan kendaraan
3.Trip A dan Trip B

Trip A dan Trip B juga berfungsi untuk mencatat kilometer tempuh dalam suatu perjalanan, trip A dan Trip B bisa direset atau di nol kan menggunakan tombol yang ada di dekat jam dashboard dengan cara menekan lama tombol tersebut.

JIka tombol trip di dekat dashboard di tekan cepat hanya akan berpindah layar yang terlihat pada Odometer antara Odometer berurut kemudian trip A dan Trip B. Memori di Trip A akan disimpan ke dalam Trip B kemudian tersimpan di Odometer.

Semoga bermanfaat untuk yang memerlukanya.

tags: , , , ,

Related For Indikator Yang Ada di Panel Speedometer Toyota Limo