Prinsip Kerja Kipas Radiator Dua Kecepatan Vios Limo

Otomotrip.com – Motor kipas radiator atau cooling fan radiator dengan dua kecepatan,contohnya bisa ditemukan pada vios limo. Fan Radiator merupakan komponen vital pada mesin mobil yang berfungsi untuk mempertahankan temperatur kerja mesin.Akibat fatal yang disebabkan oleh tidak bekerjanya motor cooling fan atau tidak normalnya cooling system secara keseluruhan, akan sangat fatal jika mesin terus dipaksa jalan, mesin bisa macet,oli terbakar atau silinder head bengkok,oli bercampur air atau pun air masuk ruang bakar mesin.

Berikut adalah penjelasan dengan gambar tentang prinsip kerja kipas radiator dengan dua kecepatan.

Fan radiator dua kecepatan (2 speed fan radiator) artinya motor cooling fan tersebut memiliki dua kecepatan hembusan angin yang bisa di ukur dengan air flow meter (alat ukur kecepatan angin), atau menggunakan tang amper (amper meter) untuk mengetahui berapa ampere arus listrik yang mengalir pada masing-masing kecepatan.

Skema Rangkaian Fan Radiator Dua Kecepatan

Skema Listrik Kipas Radiator Dua Speed

Penjelasan dari sirkuit rangkaian kipas radiator dua kecepatan diatas:

1. Saat temperatur kerja mesin tercapai.

Engine ECU memberi perintah kepada Fan Relay No.1 dan No.2 untuk bekerja. Kontak relay pada pin 30 dan 87 pada kedua relay terhubung.Arus listrik mengalir dari fuse RDI masuk ke Radiator Fan Motor, selanjutnya melewati kontak relay no.2 menuju ground (lihat garis biru ).
Skema saat Temperatur Kerja Mesin

Gambar Aliran Listrik Saat Temperatur Kerja Mesin

2.Saat AC bekerja normal.

Engine ECU memberi perintah Fan Relay No.1 menghubung, arus listrik mengalir menuju ground melewati A/c Condensor Fan Resistor, besarnya arus listrik yang mengalir di tentukan oleh nilai Resistor, sehingga putaran fan lebih lambat.
Gambar Skema kipas radiator dua kecepatan saat kerja ac mobil

Aliran Listrik Saat Ac mobil bekerja pada Tekanan normal

3.Saat High Pressure Switch bekerja.

Saat AC bekerja normal, karena sebab lain menyebabkan tekanan tinggi pada high pressure pipa ac melebihi batas yang ditetapkan oleh pressure switch, mungkin karena:
a. Kelebihan freon atau oli compressor
b. Kondensor kotor
c. Radiator kotor
Sehingga pressure switch menghubung (lihat garis merah) dan arus listrik tidak lagi melewati resistor, karena kontak/pin 30 dan 87 pada relay No.2 terhubung.

Skema rangkaian kipas radiator dua kecepatan saat high pressure switch bekerja

Skema Aliran Listrik Ketika High Pressure Switch Ac bekerja

Speed 1 : Arus listrik melewati resistor
Speed 2 : Arus listrik tidak melewati resistor

Silakan perhatikan Wiring diagram fan radiator soluna vios atau kipas pendingin mesin berikut ini

Semoga membantu.

You May Also Like...

Deposit Kerak Pada Busi Penyebab Mesin Mobil Kurang Tenaga Otomotrip.com - Mesin kurang tenaga, fungsi busi pada mobil adalah untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar dan udara pada akhir langkah kompre...
Penyebab dan Cara Mengatasi Sekring Mobil Sering Meleleh Sekring pada jalur kelistrikan mobil mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kabel body mobil yang terjadi akibat hubungan arus pen...
Cara Cek Kerja Injektor Dengan Test Lamp Otomotrip.com - Fungsi injektor pada mobil injeksi adalah untuk mengabutkan bahan bakar pada mobil efi,jika injektor tidak bekerja atau masalah pada i...
Urutan Pengapian Atau FO Mesin 3,4,6,8 Silinder Otomotrip.com - Firing order atau FO disebut juga sebagai urutan pengapian atau urutan pembakaran pada mesin mobil atau kalau mesin masih menggunakan ...
error: