Membersihkan Throttle Body Yaris Dan New Limo

Rabu, April 17th 2013. | DIY Otomotif, Otomotif

Otomotrip.com – Throttle body atau rumah katup gas Yaris dan New Limo secara fisik adalah sama tidak ada bedanya. Throttle body untuk new limo dan Yaris menggunakan sistem ETCS-i (Electronics Throttle Control System – Intelligence) sehingga tidak terdapat ISC valve untuk Idle Control Speed.

Karena itu untuk kendaraan kendaraan dari Toyota yang sudah menggunakan ETCS-i kita tidak akan menemukan Tali Gas atau pun ISCValve. Seperti contoh yang telah menggunakan ETCS-i adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Yaris, New Limo dan lain lain.

Gambar diagram sistem kerja etcsi

Sistem kerja ETCS-i

Membersihkan thottle body dengan sistem etcs-i lebih mudah karena yang dibersihkan adalah hanya bagian sekeliling throttle valve atau katup gas, tidak perlu membersihkan isc seperti membersihkan TB mobil injeksi yang memakai ISC.

Kembali sesuai dengan judul artikel tentang membersihkan Throttle body, cara membersihkan cukup mudah dan simple dan beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan adalah:
1.Karburator atau Injektor Cleaner
2.Kunci T ukuran 10 mm atau Obeng Plus dan Obeng minus.

Langkah pertama cara bersihkan tb Yaris dan new limo
Sambil lihat gambar diatas:
1.Kendorkan baut pengikat saluran udara lihat  no 1
2.Buka slang VSV yang menuju intake camber gambar no 2
3.Kendorkan baut pengikat saluran udara lihat no 3
4.Buka soket MAF (Mass Air Flow) lihat no 4
5.Buka dua kancingan filter udara no 5 dan no 6 berada di sebelahnya.

Setelah terbuka semua bagian bagian yang ditunjukan diatas akan tampak dan terlihat seperti gambar dibawah ini
Throttle body toyota yaris dan new limoSetelah terbuka seperti gambar diatas pada sekeliling katup gas akan terlihat kotoran berupa debu yang menempel,debu akan semakin tebal jika kita jarang membersihkan atau mengganti filter udara.

Bersihkan-throttle-valve-dengan-cleanerDebu yang menempel pada sisi throtle valve yang akan mempengaruhi putaran mesin saat idle, yang bisa menyebabkan rpm mesin bisa lebih tinggi juga bisa lebih rendah.

Umumnya rpm mesin akan lebih rendah karena banyaknya debu, disaat lain jika debu mengganjal katup gas atau mengganjal throttle valve akan membuat rpm saat idle lebih tinggi.

Langkah berikutnya adalah membersihkan Throttle body menggunakan karburator cleaner atau injektor cleaner tanpa menurunkan atau tanpa membongkar throttle body dari intake camber.

Cara membersihkan Throttle Body:

Minta bantuan satu orang untuk ON kan kunci kontak dan sambil menekan pedal gas,dengan tujuan agar throttle valve terbuka supaya lebih maksimal saat melakukan pembersihan,selanjutnya bersihkan dengan semprotan cleaner seperti terlihat gambar diatas. Setelah cukup bersih dan tidak perlu terlalu berlebihan atau kebanyakan cleaner nya.

Gambar thottle body Toyota Yaris dan New Limo
Langkah selanjutnya sebelum memasang kembali bagian-bagian yang dibongkar adalah stater mesin satu atau dua kali untuk menghisap dan membuang sisa sisa cleaner yang ada di throttle bodi. Mesin tidak akan hidup karena Mass Air Flow atau MAF belum terpasang. Hal ini berakibat lampu cek engine akan nyala ketika mesin hidup nanti tetapi tidak perlu kuatir karena bisa direset dengan melepas terminal Negatif aki untuk beberapa saat.

Mungkin Anda akan bertanya kenapa tidak dipasang dahulu semua bagian yang dibongkar,setelah itu distater mesin sampai hidup sekaligus untuk membakar sisa sisa cleaner? Sisa cleaner yang terlalu banyak pada throttle bodi ketika stater mesin, akan membuat mesin tidak bisa hidup karena campuran udara bahan bakar yang terlalu gemuk atau gagal starting yang terkadang juga akan memicu lampu cek engine nyala. Kalau hal ini terjadi kita harus mereset ECU untuk mematikan lampu check Engine dengan cara melepas terminal Aki Negatif.

Untuk new limo setelah melepas terminal aki atau setelah mereset ecu biasanya saat pertama kali mesin hidup akan membuat rpm idle terlalu rendah,hal ini bisa diatasi dengan menahan pedal gas atau putaran idle pada rpm sekitar 1000 sekitar 10 sampai 12 menit mesin akan normal kembali, untuk hal ini sudah dirulis di RPM Mesin turun setelah ganti accu.

Setelah memahami uraian diatas,pasang kembali bagian bagian yang di bongkar tadi yaitu saluran udara yang menghubungkan throttle bodi dengan filter udara, pasang slang VSV,pasang tutup filter udara dan terakhir pasang soket MAF Sensor.

Semoga bermanfaat dan untuk anda yang masih ragu atau kurang faham lebih baik jangan dilakukan sendiri membersihkan throttle bodi yaris atau new limo diatas.

Update: jika Mass air flow sensor yang ada di tutup filter udara (air cleaner) dipasang terlebih dahulu sebelum di stater atau saat bersihkan thottle tanpa membuka MAF Sensor dan kemudian starter mesin dan mesin berhasil hidup dan lampu check engine tidak nyala setelah mesin hidup, biasanya rpm mesin akan naik sampai 1500 atau 2000 rpm saat idle. Hal ini bisa diperbaiki dengan cara melepas terminal aki negatif untuk beberapa detik (30 detik) guna mereset ECU dan rpm pun normal kembali.

Jadi kesimpulan jika setelah membersihkan throttle body rpm mesin malah naik untuk sistem ETCS-i, cara untuk menurunkan rpm mesin adalah dengan mereset ECU.

tags: , , , , , , ,

Related For Membersihkan Throttle Body Yaris Dan New Limo