Lampu Indikator Gambar Aki Nyala Terus Saat Mesin Hidup

Otomotrip.com – Apa arti tanda gambar aki menyala di mobil? baik itu mobil dengan transmisi otomatis (matic) maupun mobil manual. Indikator pengisian aki mobil di instrumen panel dashboard mobil atau pada panel speedo dengan gambar aki, kalau untuk mobil lama seperti kijang biasanya masih menggunakan tulisan CHG artinya charge.

Fungsi Indikator Aki Pada Panel Speedometer

Fungsi indikator pengisian aki ini adalah untuk memonitor tegangan pengisian aki mobil dari alternator atau dinamo ampere.

Pada kondisi normal indikator pengisian aki mobil atau lampu CHG yang terdapat di dashboard atau speedometer ini akan nyala ketika kunci kontak mobil ON dan padam setelah mesin mobil berputar.

Jika lampu indikator aki atau lampu chg di dashboard mobil nyala terus ketika mesin hidup menandakan ada yang tidak normal dengan sistem pengisian aki mobil dari alternator.

Agar tidak was-was atau khawatir ketika menemukan indikator aki di dashboard nyala terus saat kendaraan sedang jalan adalah dengan memperhatikan intensitas nyala lampu besar jika sedang mengemudi pada malam hari.

Tips jika indikator aki nyala terus tetapi intensitas cahaya headlamps/lampu depan atau lampu besar tidak redup, kendaraan masih aman untuk dibawa perjalanan sampai ke rumah atau ke bengkel.
Gamar indikator aki di panel speedometer atau panel instrument dashboard
Karena nyala indikator aki di dashboard pada kasus diatas tidak berpengaruh terhadap tegangan pengisian aki. Yang bisa juga di katakan bahwa indikator aki mobil nyala terus hanya di sebabkan oleh sirkuit atau rangkaian kelistrikan untuk indikator aki saja.

Tetapi jika indikator aki nyala terus di sertai meredupnya nyala lampu besar atau meredupnya headlamps saat mesin sedang hidup. Berarti sistem pengisian aki mobil sedang mendapat gangguan.

Hal yang bisa di lakukan adalah dengan membawa ke bengkel terdekat untuk di periksakan lebih teliti tentang penyebab nya, tetapi tidak akan jauh-jauh permasalahan hanya ada di sekitar dinamo isi atau alternator mobil.

Buat Anda yang ingin mengetahui masalah teknis penyebab indikator CHG nyala, silakan kunjungi juga Penyebab Indikator Aki Nyala.

Update:
Setang Setir Berat Lampu Aki Nyala
Jika setang kemudi mobil berat sesaat setelah lampu aki menyala artinya saat itu voltage aki sudah drop dibawah 10 volt akibat pengisian aki mobil bermasalah.

Dan hal ini terjadi untuk kendaraan yang menggunakan EPS atau elektrik power steering seperti halnya All New Avanza/Xenia, Vios/Limo 2007 keatas, toyota Yaris dan lain lain.

Jika lampu aki menyala pada mobil dengan EPS, biasanya disertai dengan lampu indikator gambar setir menyala atau lampu indikator P/S menyala dan untuk kasus diatas yang perlu diperiksa atau perlu diperbaiki adalah Alternator.

You May Also Like...

Mengetahui Apa Penyebab Lampu Aki Kadang Nyala Otomotrip.com - Tips untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab lampu aki di dashboard mobil kadang nyala saat posisi mesin hidup tetapi tidak lama ke...
Mesin Bunyi Nguing Tanda Kerusakan Dioda Rectifier Alternator Otomotrip.com - Mesin mobil bunyi nging atau suara seperti nguing saat mesin hidup jika mesin digas bunyi nguing akan semakin keras adalah tanda dari ...
Komponen Alternator Mobil dan Fungsinya Otomotrip.com - Fungsi Alternator pada mobil adalah sebagai pembangkit energi listrik atau generator ketika mesin hidup untuk mensuplai energi listrik...
Fungsi dan Cara Cek Kerja Alternator Mobil atau Dinamo Ampere Otomotrip.com - Fungsi Alternator pada mobil dan pengertian alternator mobil atau dinamo ampere tetapi juga ada yang menyebutnya sebagai dinamo isi ka...
error: