Gambar Penjelasan Cara Kerja Tutup Radiator Mobil

Senin, Maret 25th 2013. | Cooling Sistem

Otomotrip.comCara Kerja Tutup Radiator, Cara kerja sistem radiator pada mobil asia sedikit berbeda dengan mobil eropa, pada mobil kita akan menemukan tutup radiator yang berfungsi untuk mengatur tekanan didalam sistem pendingin mesin saat mesin sudah panas dan temperatur naik.

Jadi fungsi tutup radiator pada mobil adalah untuk mengatur tekanan yang terdapat di dalam sistem pendingin mesin mobil sebagai akibat naiknya temperatur air atau coolant dalam sistem pendingin mesin.
tutup radiator 16 psi atau 1,1 kgf/cm

Tutup radiator tidak hanya berfungsi untuk menutup radiator seperti saat kita menutup botol berisi air kalau sudah di tutup selesai permasalahan karena air tidak tumpah atau meluber keluar.

Di dalam sistem pendinginan mesin kendaraan, ketika temperatur naik, secara otomatis suhu air pendingin ikut naik dan tekanan di dalam sistem ikut naik pula. Terdapat mekanisme di tutup radiator agar dengan naik nya suhu dan tekanan tidak menyebabkan radiator atau slang radiator meledak.

Berikut adalah mekanisme atau cara kerja tutup radiator untuk mempertahankan tekanan yang terdapat pada sistem pendinginan mesin mobil.

Cara kerja relief valve pada tutup radiator

Cara Kerja Relief Valve Radiator Cup

Pada gambar diatas, relief valve terdorong oleh tekanan air radiator ketika tekanan di dalam radiator melebihi tekanan pegas relief valve, besarnya tekanan biasanya tertulis di tutup radiator. Selanjutnya air mengalir ke reservoir atau tabung cadangan air radiator.
Cara Kerja Vacuum Valve Tutup Radiator

Cara Kerja Vacuum Valve

Ketika temperatur kerja dari sensor temperatur air radiator ( water temperatur sensor atau engine coolant temperatur sensor ) tercapai, motor cooling fan bekerja,termostat pada mesin terbuka, hembusan angin menyebabkan suhu dan tekanan turun, terjadi vacuum di sistem pendingin, vacuum valve terbuka dan air dari tabung cadangan atau reservoir masuk ke radiator.

Gambar aliran air pada reservoir dan radiator

Aliran coolant dari radiator ke reservoir

Vacuum valve berfungsi juga untuk bleding air dalam cooling system, ketika masih terdapat udara yang terjebak di dalam sistem.

Harga tutup radiator mobil relatif cukup murah, Anda bisa mendapatkan berkisar Rp.50 ribu sampai Rp.60 ribu.

Semoga bermanfaat.

tags: , , , ,

Related For Gambar Penjelasan Cara Kerja Tutup Radiator Mobil