Fungsi Dioda Pada Rangkaian Relay Otomotif

Otomotrip.com – Fungsi komponen dioda ini cukup simple yaitu untuk mengalirkan arus listrik dalam satu arah dan menahan aliran listrik pada arah sebaliknya.

Mengetahui apa itu Dioda? Dioda merupakan komponen elektronika dengan dua terminal dan terbentuk dari dua jenis semikonduktor (silikon jenis n dan jenis p) yang tersambung.

Cara kerja atau sistem kerja komponen elektronika dioda yaitu mudah dialiri arus listrik dalam satu arah tetapi amat sulit dilalui arus listrik dari arah kebalikan nya.

Tanda panah pada gambar simbol komponen dioda di bawah menunjukkan arah yang dapat di lalui arus listrik secara mudah. Simbol dioda dibawah berlaku untuk semua simbol sirkuit peralatan yang menggunakan semikonduktor.
Simbol komponen dioda dan arah aliran listrik

Dioda tersedia dari berbagai bentuk dan ukuran serta kemampuan mengalirkan arus yang berbeda dengan mudah bisa ditemui di toko elektronika.

Untuk menguji arah aliran arus sebuah dioda dan mengetahui terminal-terminal nya bisa di lakukan dengan cara berikut ini,sesuai pada gambar yaitu menggunakan bohlam pijar 12 volt.
cara menguji fungsi dioda menggunakan lampu pijar 12 volt

Selain dengan cara diatas juga bisa dilakukan pengukuran dengan Avometer yang dilengkapi dengan pengukuran dioda untuk Avometer digital,sedangkan untuk avo meter jarum cukup menggunakan ohm meter, pengukuran dilakukan untuk mengetahui terminal dan kondisi, apakah masih bagus, putus atau konslet.

Gambar di bawah adalah berbagai bentuk dioda yang banyak di pakai untuk rangkaian elektronika.
Berbagai macam bentuk dioda
Kaki atau terminal dioda dibedakan dengan gelang warna putih pada kaki katoda, kemudian kalau ada yang bertanya untuk mengetahui kutub positif dioda bagaimana? Dioda tidak memiliki kutub atau polaritas negatif atau positif karena dioda adalah semikonduktor atau semi penghantar arus listrik.

Fungsi dioda pada rangkaian relay
Sering kita menemukan pada relay yang terdapat pada mobil terdapat sebuah dioda dibawah relay tersebut.Fungsi dioda ini pada relay otomotif adalah sebagai anti shock tegangan.
Fungsi dioda pada rangkaian relay

Pada rangkaian relay yang diberikan dioda ini untuk tujuan mencegah terjadinya arus balik pada rangkaian yang bisa merusak gulungan relay.

Arus balik listrik ini berasal dari induksi medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan relay saat arus listrik yang melewati kumparan relay di putuskan seperti koil mobil.

Induksi listrik ini biasanya lebih tinggi tegangannya dari tegangan sumber, kalau dipegang saat di putuskan arus listrik yang mengalir ke relay akan terasa kejutan setrum.

Dan untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat terjadinya tegangan induksi yang lumayan tinggi ini maka pada rangkaian relay dipasangkan rangkaian dioda.

You May Also Like...

Lampu Kota dan Lampu Speedo Ikut Nyala Saat Injak Pedal Rem Otomotrip.com - Tips mengetahui penyebab dan mengatasi atau memperbaiki masalah lampu kota atau lampu spido yang ikut nyala saat kita injak pedal rem....
Gambar Cara Ganti Cover Spion Led Avanza Otomotrip.com - Gambar dan tips cara ganti cover spion led Avanza,berikut adalah panduan mudah untuk mengganti cover spion dengan led pada mobil avanz...
Ciri-Ciri Atau Tanda-Tanda ECU Mobil Rusak Otomotrip.com - Otomotif Qita melalui otomotrip dot com akan membahas ciri-ciri atau tanda Ecu mobil rusak. Fungsi Ecu Pada Mobil Apa itu Ecu mobil?...
Rangkaian Pengapian Transistor Menggunakan FET IRF740 Otomotrip.com - Membuat sendiri sistem rangkaian pengapian koil dengan menggunakan transistor FET (Field Effect Transistor) skema rangkaian sistem pen...
error: Content is protected !!