Cara Setting Arah Focus Lampu Depan Mobil

Spread The Love

Cara Setting Headlamps atau cara setel sorot lampu besar mobil – Penyetelan terhadap sorot lampu depan kendaraan bertujuan untuk mendapatkan jarak pandang yang cukup ketika berkendara di kegelapan malam.

Karena itu  setting headlamps yang benar sangat di butuhkan oleh kita. Posisi sorotan headlamps yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan mengganggu pandangan kita dan pandangan pengendara dari arah depan atau pemakai jalan yang lain.

Dibawah ini adalah gambar headlamp pada bagian belakang yang terdapat baut-baut untuk menyetel arah sorotan lampu.
Tempat baut penyetelan sorot lampu depan mobil
Sebelum menyetel sorot lampu depan perlu setidaknya kita tahu penyebab sorot headlamp mobil berubah:
1. Kemungkinan bohlam tidak duduk dengan benar pada tempatnya, jadi pastikan dulu bohlam h4 untuk headlamps sudah duduk dengan benar pada dudukannya. Biasa terjadi setelah mengganti bohlam untuk headlamps.
2. Penyebab lain karena getaran, reflektor terlepas dari baut untuk setelan Headlamp, untuk masalah ini biasa nya sorot lampu depan susah atau tidak bisa untuk di setel.

Setelan untuk sorot lampu kepala mobil

Kalau terbiasa stel headlamp tidak di perlukan cara yang ribet karena sorot headlamps sendiri memiliki batas atas, jadi batas sorot lampu headlamps tersebut yang kita manfaatkan.

Yang perlu kita tahu adalah bagian pada headlamp yang berfungsi untuk menyetel tinggi rendah dan kiri-kanan sorot lampu headlamps. Lihat gambar di samping dan bandingkan dengan gambar paling atas terdapat perbedaan tempat dan fungsi baut setelan head lamp.

Cara Setting Headlamps Dengan Mudah adalah ambil tempat rata dengan jarak pandang cukup jauh ke depan, nyalakan lampu depan kemudian setel pengatur sorot headlamp.

Mengatur sorot Headlamp bisa dengan obeng atau kunci atau pun cukup dengan tangan karena setelan biasanya cukup dengan tenaga dari tangan untuk beberapa tipe dan merek mobil. Pastikan pada sorot lampu terjauh untuk lampu bawah tidak melebihi ketinggian lampu mobil.

Cara yang lain untuk menyetel atau setting headlamp adalah menggunakan media papan atau tembok. Buat jarak minimal antara headlamp dengan tembok berjarak 10 meter dan tentu saja sebaiknya dilakukan di malam hari.

Berikut cara seting headlamp dengan media tembok:

  1. Dekatkan mobil ke tembok dan buat tanda garis sesuai ketinggian lampu.
  2. Mundurkan mobil dan atur ketinggian sorot lampu dengan mengubah setelan di head lamp sampai sinarnya sejajar dengan garis yang sudah dibuat di tembok.
  3. Untuk mobil di Indonesia dengan setir di kanan, arahkan sorotan lampu ke sisi kiri. Tujuannya agar sinar dapat menerangi sisi kiri jalan, seperti trotoar atau batas aspal.

Melihat kedua gambar di atas mungkin akan bingung, kok tidak sama letak setelan baut lampu depan untuk vertikal dan horisontalnya, itu semua tergantung dari mobil nya. Semoga manfaat.


Spread The Love

You May Also Like...

Akibat Jika Insulator Coil Pengapian Bocor atau Rusak Insulator coil atau cup ignition coil dengan mudah bisa ditemukan pada mobil-mobil dengan menggunakan direct ignition atau pengapian langsung dan bias...
Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil Otomotrip.com - Secara umum Fungsi Sekring adalah untuk memutus arus listrik yang melewati sekring tersebut jika terjadi kelebihan arus listrik yang m...
Gejala Kerusakan Pada Switch Dinamo Starter Mobil Otomotrip.com - Tanda dan ciri-ciri kerusakan pada switch dinamo stater atau solenoid pada motor stater mobil. Tentu menjengkelkan ketika sedang terbu...
Cara Ganti Sekring Pemantik Rokok Mobil Avanza-Xenia Lama Otomotrip.com - Cara mengganti sekring pemantik api rokok mobil avanza-xenia lama ini untuk pemantik api rokok atau colokan pengganti fungsi korek pad...
error: