Bunyi Cit Cit Saat Mesin Hidup

Sabtu, Maret 30th 2013. | Otomotif

Otomotrip.com – Mesin mobil yang bunyi berdecit atau mencicit ketika di hidupkan terutama pada pagi hari dan terdengar suara berdecit sangat keras dari ruang mesin akan cukup mengganggu kenyamanan atau mungkin bisa membuat kita was-was.

Bunyi berdecit tersebut lebih sering di sebabkan oleh tali kipas mobil yang memutar beberapa komponen mesin mobil di antaranya water pump atau pompa air, alternator, kompressor ac mobil, pompa power steering, idler puly atau pun kipas pendingin radiator.

Apa Itu Tali Kipas Mobil?
Tali kipas mobil adalah istilah akrab yang kita kenal, berupa belt atau sabuk untuk memutar beberapa komponen mesin mobil di antaranya water pump, alternator, kompressor ac,pompa power steering atau fan radiator bersamaan putaran mesin.
Beberapa Penyebab Tali Kipas Bunyi

Tali Kipas atau drive belt

Drive belt atau tali kipas pada mesin mobil


Kekencangan tali kipas kurang

Kekencangan tali kipas kurang akan menyebabkan bunyi berdecit pada beberapa kondisi di antaranya:

  • Saat stater mesin mobil dan di hidupkan bersamaan dengan hidup ac mobil.
  • Saat alternator mengeluarkan arus listrik maksimal misal ketika hidupkan lampu besar atau head lamp atau ac mobil, kondisi tersebut karena belt atau tali kipas mendapat beban berat dari alternator atau dinamo amper.

Air,oli,debu dan retak atau pecah-pecah pada tali kipas

  • Meskipun kondisi kekencangan tali kipas sudah cukup jika tali kipas atau belt terkena air dan oli membuat basah serta licin, sedangkan debu membuat tali kipas kering serta licin dan menyebabkan bunyi berdecit.
  • Selain itu retak-retak pada tali kipas atau belt juga menjadi salah satu penyebab bunyi berdecit pada tali kipas, yang memang sudah saat nya untuk di ganti.

Gambar tali kipas retak-retak harus diganti
Gambar diatas adalah tali kipas atau v-belt yang sudah retak dan harus diganti, sebelum nanti tali kipas tersebut putus ditengah perjalanan.
Semoga bermanfaat.

tags:

Related For Bunyi Cit Cit Saat Mesin Hidup